Menu Click to open Menus
Home » Kesehatan » Dalam Penanganan Covid-19 Di Kutim, RSUD Kudungga Resmi Ditunjuk Jadi Rujukan

Dalam Penanganan Covid-19 Di Kutim, RSUD Kudungga Resmi Ditunjuk Jadi Rujukan

(67 Views) Maret 25, 2020 3:47 pm | Published by | No comment

SANGATTA –  Mengantisipasi meningkatnya pasien dalam pengawasan (PDP) maupun orang dalam pemantauan (ODP) terlebih setelah ditetapkannya dua orang positive covid-19 di Kutai Timur pemerintah akhirnya menetapkan RSUD Kudungga sebagai Rumah Sakit Rujukan.

Penunjukan ini langsung dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang diturunkan kepada Propinsi melalui Gubernur yang kemudian diinstruksikan kepada Walikota maupun Bupat melalui Surat Edaran masing- masing.

Menanggapi penetapan ini, Kepala Dinas kesehatan Kutim, Dr. Bahrani menjelaskan, saat ini pihaknya sudah menyiapkan ruangan khusus untuk positif-19. Bahkan ruangan tersebut masuk dalam kategori VIP yang sudah dilengkapi dengan peralatan medis standar penanganan covid-19. Namun, untuk alat pendeteksi virus corona belum ada di Kudungga. Sudah dipesan namun sampai saat ini masih menunggu. Kemudian dua atau satu minggu baru tiba di sangatta itupun belum maksimal. Untuk alat pelindung diri (APD) juga masih minim.

Dikatakan, dari segi dana saat ini pemerintah siap namun yang menjadi kendala sulitnya mendapatkan barang- barang tersebut seperti APD bagi petugas kesehatan.

Sementara untuk tenaga medis diakui Bahrani sudah siap, baik dokter maupun perawat. Namun pihaknya ingin ada tambahan tenaga yang bisa dibantu dari Persatuan Perawat Nasional Indonesia maupun rumah sakit lainnya di Kutim.

Ia berharap, semua segera terpenuhi sehingga masyarakat Kutim tidak perlu jauh- jauh memeriksakan diri apabla dirasa ada keluhan.

Print Friendly, PDF & Email
Tags:
Categorised in: ,

Leave a Reply

avatar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
Notify of