Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Dapat Kucuran Rp 27 Miliar, Pemkab Kutim Bangun IPA Kaliorang

Dapat Kucuran Rp 27 Miliar, Pemkab Kutim Bangun IPA Kaliorang

(916 Views) Maret 30, 2016 8:19 am | Published by | No comment

Sangatta. Tahun ini, Pemerintah Kutai Timur kembali melakukan peningkatan pelayanan dan akses air bersih kepada masyarakat dengan membangunkan Instalasi Pengolahan Air (IPA) di Kecamatan Kaliorang. Dengan kapasitas suplai air baku sebesar 50 liter per detik yang diambil dari kawasan PT GMP di pegunungan Sekrat, IPA ini diharapkan mampu mengatasi permasalahan air bersih warga di dua kecamatan, yakni Kecamatan Kaliorang dan Sangkulirang. Demikian diungkapkan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kutai Timur  Suprihanto didampingi Kabid Fisik dan Prasarana Sumarjana.

Dikatakan, IPA Kaliorang ini akan mengolah air baku dengan kapasitas 50 liter per detik yang diambil dari sumber air PT GMP yang memiliki kapasitas air baku sebesar 90 liter per detik. Sementara pipa yang ditarik dari PT GMP ke IPA Kaliorang tersebut sepanjang 9 Km. Bulan November 2016 ini, IPA diharapkan sudah bisa selesai dan bisa memenuhi kebutuhan air bersih warga Kaliorang. Sedangkan pada tahun 2017 mendatang juga bisa memenuhi kebutuhan air bersih bagi warga Kecamatan Sangkulirang khususnya di dua desa yakni Benua Baru Ilir dan Benua Baru Ulu, juga termasuk kebutuhan air bersih RS Pratama Sangkulirang.

Lanjut Sumarjana, untuk pembangunan IPA Kaliorang  Pemkab Kutim tahun ini mendapat kucuran anggaran dari APBN Murni sebesar Rp 27 miliar dengan pembangian Rp 22 miliar dialokasikan untuk pembangunan IPA, sedangkan Rp 5 miliar untuk pipanisasi. Sementara dari anggaran APBD II tahun ini dikucurkan Rp 14 miliar yang dialokasikan untuk pipanisasi dari PT GMP ke IPA Kaliorang dan pembangunan Intake. Jika nantinya kapasitas suplai air baku ini dirasa masih kurang, maka untuk memenuhinya bisa disuplai dari Kawasan Maloy melalui program pembangunan IPA Maloy yang tengah dikerjakan oleh Pemprov Kaltim dengan kapasitas 1 x 100 liter per detik. Pipa nantinya akan dikoneksikan di sekitar kawasan Kota Terpadu Mandiri (KTM) antara pipa Kaliorang dengan Maloy. Sementara itu, Pemprov Kaltim sendiri berencana memenuhi kebutuhan air bersih di kawasan Maloy dengan membangun IPA Maloy dengan total kapasitas 400 liter per detik.

(Voice : Bappeda Sumarjana – IPA Kaliorang)

Lebih jauh dikatakan, Pemerintah berharap adanya dukungan penuh dari masyarakat Kaliorang dan warga sekitar PT GMP. Karenanya bagi masyarakat yg sekarang memanfaatkan sumber air dari PT GMP Sekrat, Pemkab Kutim hanya mengambil sebagian atau 50 liter per detik dari total kapasitas yang ada yakni 90 liter per detik. Sehingga masyarakat yang ada sekarang tidak akan kekurangan.

Sementara terkait keberadaan embung atau penampungan air yang ada di Kecamatan Sangkulirang seluas 4 hektar dan akan dipergunakan untuk suplai air bersih RS Pratama Sangkulirang, Sumarjana menilai embung tersebut tidak mampu menyuplai kebutuhan rumah sakit. Karena jika diolah dengan kapasitas 5 liter per detik maka akan langsung habis dalam 20 jam. Hal ini karena embung tersebut hanya penampungan atau tadah hujan sehingga hanya layak untuk beckup jika musim kemarau. Maka jika mau dimanfaatkan maka kapasitas embung tersebut harus ditingkatkan. Sedangkan pemerintah akan terus mencari sumber air baku baru lainnya di wilayah Sangkulirang.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments