Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » DBD Makan 198 Korban Selama 4 Bulan Daerah Teluk Lingga dan Sangatta Utara

DBD Makan 198 Korban Selama 4 Bulan Daerah Teluk Lingga dan Sangatta Utara

(314 Views) Mei 18, 2015 8:50 am | Published by | No comment

SANGATTA – Perubahan cuaca di Kutai Timur (Kutim) yang tidak menentu seperti saat ini memang dinilai rawan bagi kesehatan warga Kutim. Mulai dari batuk, pilek, demam hingga Demam Berdarah Dangue (DBD) pun terus mengincar.  Untuk empat bulan ditahun 2015 ini saja, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kutai Timur (Kutim) mencatat sedikitnya ada 198 korban penderita DBD.

”Untuk saat ini sudah ada 198 korban DBD yang masuk didata kita. Dan ini kita pastikan akan terus bertambah. Hal ini karena saat ini cuaca di Kutim belum stabil. Sehingga virus-virus penyakit akan mudah mendatangi warga yang kurang sehat. Baik kesehatan diri sendiri, keluarga maupun lingkungan,”ujar Kadinkes Dr. Aisyah didampingi Kabid Pemberantasan dan Penyehatan Lingkungan Muhammad Yusuf dan Pengelola Program Andi Didi Arfiadi, Senin (18/5).

Dirincikannya, untuk Puskesmas Sangatta Selatan tercatat 7 penderita dan 1 meninggal, Teluk Lingga 84 penderita, Bengalon 8 penderita, Rantau Pulung 1 penderita, Telen 2 penderita, Kaliorang 1 penderita, Kaubun 2 penderita, Sangkulirang 3 penderita dan 1 meninggal, Karangan 2 penderita dan Muara Wahau (1) 7 penderita.

Kemudian Muara Wahau (2) 1 penderita, Muara Bengkal 1 penderita dan 1 meninggal, Muara Ancalong 1 penderita, Sangatta 73 penderita dan 1 meninggal dan Tepian Baru 1 penderita. Sedangkan untuk Puskesmas Teluk Pandan, Kongbeng, Sandaran, Busang, Long Masangat dan Batu Ampar nihil.

“Jadi dalam catatan kami untuk sementara semuanya ada 198 korban. 194 menderita berat dan ringan dan 4 orang diantaranya meninggal dunia. Untuk saat ini juga, yang paling terbanyak menderita DBD ialah daerah Teluk Lingga, dan Sangatta Utara. Hal ini terjadi karena selain padatnya penduduk, juga disebabkan oleh kumuhnya daerah pemukiman warga. Lagi-lagi salah satu penyebab kurangnya kesadaran warga untuk menjaga kebersihan lingkungan masing-masing,”katanya.

Dia juga menambahkan, dari laporan yang dilayangkan oleh Puskesmas Sangatta Selatan, Teluk Lingga, Sangatta Utara dan Batu Ampar untuk dilakukan fogingnisasi, pihaknya sudah memenuhi sebagian dari permintaan tersebut.

”Untuk Sangatta Selatan kita sudah Penyelidikan Epidemiologi (PE) 4 kali dan kita foging 4 kali juga. Untuk Teluk lingga kita PE 17 kali dan kita foging 17 kali pula. Batu Ampar 3 kali PE dan 3 kali foging dan Sangatta Utara 24 kali PE dam 24 kali foging,”katanya. Mudahan saja langkah yang kita lakukan sedikit mengurangi bahaya DBD. Selain peran serta pemerintah, kita juga berharap peran warga untuk menjaga kebersihan juga ditingkatkan. Hal ini untuk menghindari DBD yang terus mengincar kita.”ujarnya

Print Friendly, PDF & Email
Categorised in:

No comment for DBD Makan 198 Korban Selama 4 Bulan Daerah Teluk Lingga dan Sangatta Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.