Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Desa Nehas Liah Bing Kecamatan Wahau Berjuang Menjadi Desa Adat

Desa Nehas Liah Bing Kecamatan Wahau Berjuang Menjadi Desa Adat

(3018 Views) Juni 12, 2015 11:42 am | Published by | 163 Comments

Sangatta. Sebagai upaya agar persyaratan dalam pengajuan Desa Nehas Liah Bing Kecamatan Wahau Kabupaten Kutai Timur menjadi Desa Adat dapat terpenuhi, kini seluruh masyarakat dan perangkat Desa Nehas Liah Bing sedang mengupayakan agar persyaratan yang diberikan Pemerintah Pusat melalui Kemendagri dan Kementrian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, dapat terpenuhi.

Menurut Kepala Adat Desa Nehas Liah Bing Ladgie Taq didampingi Kristian Hasmadi Lung selaku Tokoh Masyarakat setempat, segala persyaratan yang diberikan pemerintah agar Desa Nehas Liah Bing dapat menjadi Desa Adat  kini sudah terpenuhi. Peryaratan tersebut diantaranya, keberadaan peta global wilayah adat yang sudah disetujui desa-desa tetangga, seperti Desa Merapun dan Desa Long Betuq. Kemudian adanya kebenaran akan situs sejarah dan adat yang dikoordinatkan dengan alat GPS, seperti keberadaan situs di wilayah sarang burung Lesek Telen yang berupa Gerabah dalam bentuk piring, keramik dan lainnya.

Lanjutnya, dengan diadakannya Pesta Adat Kung Kemul atau Perkumpulan Daya-daya Serumpun Se-Kalimantan Timur dan Utara sejak Sabtu (13/6) esok hingga seminggu ke depan, akan membuktikan kepada Kementrian Kehutanan dan Lingkungan Hidup bahwa memang ada desa adat dan masyarakatnya pun juga memegang hukum ada yang berlaku di Desa ini. Dari 6 Desa yang ada di wilayah Wahau, Kongbeng dan Telen, Desa Nehas Liah Bing ini lah yang diajukan menjadi induk Desa Adat.

(voice)

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

163 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments