Menu Click to open Menus
Home » Kesehatan » Deteksi HIV Dilingkup Pemkab Kutim, Pegawai Dites Darah

Deteksi HIV Dilingkup Pemkab Kutim, Pegawai Dites Darah

(110 Views) November 6, 2018 4:01 pm | Published by | No comment

Sangatta – Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke lima puluh empat di Kutai Timur, digelar dengan pemberian pemeriksaan “Deteksi Dini Penyakit Menular” yakni HIV, Spilis dan Hevatitis, di lingkup Pemerintahan Kabupaten Kutai Timur. Pemeriksaan dilakuan kepada pegawai melalui tes darah.

Berlangsung di Ruang Arau, Kantor Bupati Kutai Timur, Selasa, 6 Novemver, pemeriksaan tersebut diikuti pegawai dengan suka rela, tidak dipaksakan. Namun jika melihat jumlah pegawai yang mendaftar untuk mengikuti tes, terlihat antusiasnya sangat besar.

Sebagai pembuka, Sekertaris Daerah (Sekda) Kutai Timur, Irawansyah, melakukan pengecekan darah terlebih dahulu, dilanjutkan dengan pegawai lain yang sudah mendaftarkan diri.

Diawali pengisian data pribadi, pemeriksaan tersebut dilanjutkan pengambilan sampel darah, yang selanjutnya tinggal menunggu hasil dari tes darah tersebut, dalam waktu lima belas menit usai pemeriksaan. Untuk hasil tes sendiri, dijamin kerahasiaanya, hanya konselor dan si pemeriksa sendiri yang mengetahuinya.

Menurut Kepala Seksi Penyakit Menular Dinas Kesegatan (Dinkes) Kutai Timur, Aksan Zainuddin, pemeriksaan diberikan secara gratis. Dari pemeriksaan bisa dilihat, apakah ada yang terjangkit HIV atau tidak, jika ada, maka akan langsung mendapat pendampingan untuk pengobatan selanjutnya. Alasan mendasar dilaksanakannya pemeriksaan tersebut, dikarenakan adanya peningkatan penderita HIV/AIDS di Kutai Timur.

Ia menambahkan, pemeriksanaan dimaksudkan sebagai bentuk deteksi dini untuk penyegahan penyakit menular, jika diketahui lebih awal, maka pengobatan juga dapat dilakukan lebih cepat, minimal tidak menularkan ke orang lain.

Dari Target tiga ratus orang pegawai yang mengikuti tes di lingkungan Pemkab Kutai Timur, hampir lima puluh persennya sudah didapat di pelaksanaan hari pertama.

Rencananya, kegiatan serupa akan dilaksanakan di Kantor DPRD Kutai Timur pada keesokan harinya, dilanjutkan dengan ke Dinas Pekejaan Umum dan terakhir di Dinas Kesehatan Kutai Timur.

Voice : Khusnul Khotimah

Print Friendly, PDF & Email

No comment for Deteksi HIV Dilingkup Pemkab Kutim, Pegawai Dites Darah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.