Menu Click to open Menus
Home » Pemerintahan » Di Desa Sangkima, Plt Bupati Lakukan Tanam Padi Sawah Perdana, Bersama Kelompok Tani Guntung Sejahtera

Di Desa Sangkima, Plt Bupati Lakukan Tanam Padi Sawah Perdana, Bersama Kelompok Tani Guntung Sejahtera

(42 Views) Agustus 13, 2020 7:18 pm | Published by | No comment

SANGATTA – Dalam rangka meningkatkan pertanian khususnya ketersediaan pangan di Kutai Timur, Pemerintah terus mendorong petani dalam meningkatkan hasil taninya khususnya melalui padi sawah.

Setelah bertolak dari Miau baru, kemarin Plt Bupati Kutim Kasmidi Bulang juga menghadiri penanaman perdana padi sawah milik kelompok Guntung Sejahtera (GT) di Desa Sangkima Kecamatan Sangatta Selatan.

Dalam kesempatan itu, Kasmidi Bulang yang didampingi Camat Sangatta Selatan Hasdiah, Kadis Pertanian Sugiono serta para Penyuluh Pertanian (PPL) turun langsung melakukan penanaman padi sawah di Desa Sangkima,  pada luas area lahan pertanian sebesar 350 Hektar.

Pada penanaman perdana ini, Kasmidi berharap hasil pertanian khsususnya padi tersebut bisa mencukupi kebutuhan warga yang ada di desa Sangkima bahkan sekitarnya. Untuk itu, atas nama pemerintah Kasmidi betrjanji akan menampung apa saja yang menjadi kebutuhan para petani di daerah itu untuk meningkatkan hasil pertanian mereka.

Sama halnya dengan petani di Wahau dan Kongbeng, Kasmidi meminta para petani khususnya PPL yang ada menyampaikan apa yang harus dibantu oleh pemerintah dalam mengembangkan pertanian khususnya saat melakukan panen agar tidak memakan waktu yang lama bahkan mengurangi biaya.

Atas keberhasilan ini, Ia mengaku bangga dan mengapresiasi program persawahan yang dilakukan kelompok tani  Guntung Sejahtera yang ada di Sangatta Selatan bahkan di Kutai Timur.

Sementara itu, Kadis Pertanian Sugiono mengatakan dari luas areal 350 hektar itu, baru ada 256 hektar yang sudah ditanami dengan potensi mencapai 1.500 ha. Lahan tersebut lanjut Sugiono belum digarap semuanya pasalnya masih ada kaitannya dengan Kawasan Taman Nasional Kutai (TNK).

Untuk pemupukan, Distan Kutim bekerja sama dengan produsen pupuk NPK, PT Petrokimia Gresik, menggunakan pupuk, Phonska plus. Harapannya, selain bantuan bibit dan pupuk, petani juga  bisa menggarap sawah dengan lebih modern, menggunakan peralatan tepat guna (TTG), baik pada saat penanaman maupun panen.

 

 

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

avatar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
Notify of