Menu Click to open Menus
Home » Pemerintahan » Di Masa Pandemi Covid-19, PPPA Kutim Gaungkan Program 10 Aksi Lindungi Perempuan Dan Anak

Di Masa Pandemi Covid-19, PPPA Kutim Gaungkan Program 10 Aksi Lindungi Perempuan Dan Anak

(24 Views) Juli 15, 2020 11:02 pm | Published by | No comment

SANGATTA. Pemerintah berupaya mengeluarkan berbagai kebijakan dalam upaya pencegahan dan penanganan penularan Covid-19,  sesuai tugas dan fungsinya. Salah satu kebijakan yang dikeluarkan oleh Kementerian PPPA adalah dengan menyelenggarakan Gerakan Bersama Jaga Keluarga Kita (#Berjarak) untuk melindungi perempuan dan anak serta kelompok rentan lainnya dari bahaya paparan Covid-19 di Indonesia khususnya di kabupaten Kutai Timur melalui 10 aksi.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak(PPPA) Kutim dr, Aisyah pada sosialisasi program #Berjarak, di Rpd Kutim, Selasa (14/7/20) mengatakan, gerakan berjarak ini diwujudkan dalam 10 aksi yaitu: tetap di rumah, hak perempuan dan anak terpenuhi, alat perlindungan diri tersedia, jaga diri, keluarga dan lingkungan, selanjutnya membuat tanda peringatan, menjaga jarak fisik, mengawasi keluar masuk orang dan barang, menyebarkan informasi yang benar, aktivasi media komunikasi online dan aktivasi rumah rujukan.

Melalui 10 Aksi ini, diharapkan fungsi pencegahan dan penanganan pada keluarga yang rawan terdampak C-19 khususnya masyarakat bersifat spesifik seperti, anak, perempuan, lansia dan anak- anak disabilitas harus . Menurut Aisyah, masyarakat tersebut tidak hanya butuh sembako saja, ada kebutuhan lainnya yang perlu dibantu seperti pembalut bagi perempuan, pampers untuk anak- anak hingga penyediaan pendampingan bagi lansia maupun anak- anak yang mungkin salah satu anggota keluarganya terdampak C- 19.

Lebih jauh disampaikan Aisyah, untuk merealisasikan hal ini pihaknya selama ini bekerjasama dan saling koordinasi dengan semua instansi terkait dalam penangannya. Sementara anggaran yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan- kebutuhan tersebut, tinggal menunggu pencairan dalam waktu dekat ini.

 

 

 

Print Friendly, PDF & Email
Categorised in:

Leave a Reply

avatar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
Notify of