Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Dianggap Melanggar HAM, Usulan Perbup Jam Belajar Anak Berubah Jadi Instruksi Bupati

Dianggap Melanggar HAM, Usulan Perbup Jam Belajar Anak Berubah Jadi Instruksi Bupati

(474 Views) September 6, 2016 11:19 am | Published by | No comment

Sangatta. Karena dianggap melangar Hak Asasi Manusia (HAM), ajuan Peraturan Bupati (Perbup) terkait Jam Belajar di rekomendasikan menjadi surat edaran atau instruksi Bupati.

Menurut Plt Kabag Hukum Setda Kutai Timur Nora Ramadhani, setelah melakukan konsultasi dengan Biro Hukum Setda Provinsi Kaltim terkait pembuatan Perbup Jam Balajar bagi seluruh pelajar di Kutai Timur, pihak Biro Hukum Provinsi menilai ada beberapa poin pada usulan Perbup tersebut yang dianggap melangar Hak Asasi Manusia (HAM). Terutama diangap adanya pembatasan jam keluar atau jalan, serta hilangnya hak bermain bagi anak. Terlebih jika nantinya Perbup Jam Belajar ini sudah disahkan, maka tentu aturan ini harus ditaati oleh seluruh pelajar dan orang tua di Kutim, bahkan termasuk adanya sanksi hukuman. Untuk itu, Biro Hukum Provinsi merekomendasikan jika kemudian usulan Perbup ini cukup menjadi Surat Edaran atau Instruksi Bupati saja.

Menanggapi hal itu, Bupati Kutai Timur Ismunandar mengaku akan mengikuti rekomendasi yang diberikan biro hukum provinsi. Terutama agar tidak dinilai melanggar Hak Asasi Manusia (HAM) terutama anak. Walaupun diungkapkan Ismu, jika berupa surat edaran atau instruksi bupati, tentu sangat lemah dalam hal penindakan terhadap anak atau pelajar yang keluar rumah atau berkeliaran pada jam-jam belajar. Terutama bagi Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) yang merupakan pelaksana kebijakan dan peraturan daerah.

Namun Ismu tetap akan mengikuti rekomendasi tersebut dan akan mengevaluasi ke depannya terkait penerapan Instruksi atau Surat Edaran Bupati terkait pengaturan Jam Belajar Anak ini. Dirinya berharap masyarakat dapat mengambil sisi positif dari upaya pemerintah Kutim melakukan pengaturan jam belajar anak. Tentunya upaya ini dilakukan untuk menekan atau mengurangi angka kenakalan remaja khususnya kalangan pelajar di Kutai Timur.

(Voice : Bupati – Perbup Jam Belajar Langgar HAM)

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments