Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Diduga Tercemari Limbah Tambang, BLH Kutim Uji Sampel Air Sungai Kubur Kecamatan Kaubun

Diduga Tercemari Limbah Tambang, BLH Kutim Uji Sampel Air Sungai Kubur Kecamatan Kaubun

(688 Views) September 17, 2016 1:53 am | Published by | No comment

Sangatta. Sejak beberapa hari terakhir masyarakat yang berada di Kecamatan Kaubun tidak bisa menikmati layanan air bersih secara maksimal. Pasalnya, Sungai Kubur yang menjadi sumber air baku PDAM Kaubun diduga telah dicemari limbah tambang. Hal ini lah yang menyebabkan PDAM Kaubun terpaksa mengurangi produksi bahkan sempat menghentikan sementara produksi air bersih lantaran banyak ditemukannya ikan mati di Sungai Kubur tersebut.

Menurut Direktur PDAM Tirta Tuah Benua Sangatta, Aji Mirni Mawarni bahwa sejak 2 September lalu, PDAM cabang Kaubun telah mengurangi kapasitas produksi air bersih bagi warga Kecamatan Kaubun. Pasalnya, dari hasil uji laboratorium pada sampel air Sungai Kubur yang dilakukan internal PDAM sendiri, ditemukan adanya kandungan FE atau besi dan Mn atau Mangan yang melampaui ambang batas wajar. Kandungan kedua unsur kimia ini diduga kuat berasal dari aktifitas pertambangan yang kemudian mencemari Sungai Kubur.

Lanjut Mawar, pihaknya kini sudah berkoordinasi dengan pihak Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kutai Timur untuk memastikan adanya pencemaran di Sungai Kubur tersebut. Walaupun sudah memiliki hasil uji lab sendiri, namun pihaknya tetap menunggu hasil pengujian sampel air yang dilakukan BLH Kutim.

(Voice : PDAM Mawar – Sungai Kubur Tercemar)

Sementara itu, Kepala Sub Bidang (Kasubbid) Penataan Hukum Lingkungan BLH Kutim, Frederik Sima Pasau saat dikonfirmasi mengakui jika pihaknya telah melakukan pemeriksaan dan mengambil sampel air Sungai Kubur pada beberapa titik. Terutama pengambilan sampel air dilakukan di dekat lima perusahaan yang beraktifitas di sepanjang bantara Sungai Kubur, baik itu perusahaan pertambangan maupun perkebunan. Sampel air ini telah dibawa ke laboratorium di Samarinda dan hasilnya baru bisa diketahui antara dua hingga tiga minggu ke depan.

(Voice : BLH Frederik – Sungai Kubur Tercemar)

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments