Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Dikucuri Rp1 Miliar, Pemekaran SANGSAKA Tunggu Hasil Kajian Akademis dan Pemetaan

Dikucuri Rp1 Miliar, Pemekaran SANGSAKA Tunggu Hasil Kajian Akademis dan Pemetaan

(601 Views) Maret 16, 2015 9:39 pm | Published by | No comment

Sangatta. Anggota DPRD Kutim Alfian Aswad, mengakui jika kini proses pemekaran daerah Sangkulirang, Sandaran, Kaliorang dan Karangan, hingga kini terus dilakukan. Hingga kini, proses pemekaran wilayah ini sudah masuk dalam kajian akademis yang dilakukan oleh 2 Universitas , yakni STIPER Sangatta dan UNMUL Samarinda, serta ada kemungkinan juga menggandeng   UGM Jogyakarta, untuk diajak melakukan kajian akademis terkait pemekaran ini.

Menurutnya, proses kajian akademis  ini sangat memerlukan dukungan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang ada di setiap kecamatan yang masuk dalam wilayah SANGSAKA, agar proses kajian akademik yang biasanya meliputi survey lapangan, pendataan serta quisioner kepada masyarakat tiap kecamatan hingga ke pelosok desa,  ini dapat berjalan lancar.

Lanjutnya, selain sedang dilakukannya kajian akademisi, tahapan pemekaran SANGSAKA juga memasuki fase pemetaan dalam arti luas oleh Bagian Otonomi Daerah (Otda) Setkab Kutim. Mulai pemetaan wilayah, tapal batas, potensi PAD, sosialisasi ke beberapa kecamatan yang akan dimekarkan, dan lainnya. Untuk fase pemetaan ini akan menghabiskan biaya dengan kisaran Rp200 juta. Sedangkan pemerintah dan DPRD sudah menganggarkan biaya seluruh proses pemekaran ini dengan budget Rp1 Miliar.

(voice)

Lebih jauh Alfian berharap pemekaran SANGSAKA ini dapat segera terwujud. Karena dengan adanya pemekaran, tentunya selain perkembangan dan pembangunan infrastruktur akan lebih cepat, juga akan membuka peluang pengrekrutan tenaga kerja terutama PNS, yang sangat dibutuhkan wilayah tersebut.  Menurutnya, kunci dari bisa atau tidaknya sebuh wilayah dimekarkan adalah restu dari Kabupaten induk dalam hal ini Bupati Kutim, yang memberikan rekomendasi persetujuan sebuah wilayah dimekarkan. Sehingga dirinya merasa optimis jika sebelum 5 tahun kedepan, pemekaran wilayah SANGSAKA dapat terwujud.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments