Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Diminta Mengerti Aturan Perkawinan, KORPRI Kutim Gelar Sosialisasi PP 45/1990 Tentang Perkawinan

Diminta Mengerti Aturan Perkawinan, KORPRI Kutim Gelar Sosialisasi PP 45/1990 Tentang Perkawinan

(623 Views) Juni 11, 2015 9:08 am | Published by | 1 Comment

Sangatta. Walaupun kasus perceraian Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kutai Timur masih cukup rendah, namun untuk memberikan pemahaman akan pentingnya nilai dan aturan pernikahan yang berlaku bagi PNS, KORPRI Kutai Timur menggelar sosialisasi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor  45 Tahun 1990 tentang Perkawinan yang dikaitkan dengan PP Nomor 53 tentang Disiplin PNS, yang mendatangkan narasumber Zaitun Sriyana, Kasubid Kedudukan Hukum dari Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Kaltim.

Menurut Assisten Administrasi Umum Setkab Kutim, Edward Azran, kasus perceraian bagi PNS di Kutai Timur dalam tiga tahun terakhir ini dapat dihitung dengan jari. Dari 12.000 PNS dan termasuk tenaga guru di Kutim, hanya da 3 kasus yang terjadi dalam tiga tahun terakhir. Itupun hanya diakibatkan salah faham dan tidak terstruktur.

Lanjutnya, ada beberapa variabel atau penyebab perceraian yang diatur dalam undang-undang perceraian di lingkungan PNS diantaranya, sebab terjadinya perzinahan, sebab ketidak setiaan akibat faktor waktu atau tidak datangnya mereka dalam sebuat proses rumah tangga, dan terakhir adanya penyebab lainnya. Sedangkan yang banyak dialami PNS di Kutim adalah akibat adanya godaan-godaan yang ada di luar. Dari kasus yang ada, 2 kasus melibatkan PNS Pria dan 1 kasus melibatkan PNS Wanita dan sudah diambil tindakan disiplin, yang terlebih dahulu telah terpenuhinya saksi-saksi dan tidak dengan penilaian atau aduan sepihak saja. Sementara kasus PNS Kutim yang terlibat kasus perceraian lebih didominasi para staf biasa dari pada pejabat Esselon.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

1 Comment
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments