Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Dinas LH Kutim Target PAD Melalui Retribusi Sampah 500 Juta Per Tahun

Dinas LH Kutim Target PAD Melalui Retribusi Sampah 500 Juta Per Tahun

(536 Views) September 25, 2017 4:24 pm | Published by | No comment

Sangatta – Dinas Lingkungan Hidup Kutai Timur (Kutim), target Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui pungutan atau retribusi sampah sebesar 500 juta rupiah per tahunnya. Demikian diungkapkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kutai Timur Rafiddin Rizal, usai Coffee Morning, Senin (25/9/17) di Kantor Bupati, Bukit Pelangi Sangatta.

Rizal menjelaskan terkait dengan rencana pungutan retribusi sampah tersebut, Dinas Lingkungan Hidup akan bekerjasama dengan PDAM Kutim, malalui sistem penagihan yang ada di PDAM. Yaitu pada saat warga membayar PDAM akan langsung dikenakan biaya retribusi sampah.  Cara tersebut, diakuinya lebih efektif, ketimbang jika harus melakukan pungutan kerumah-rumah.

Lebih lanjut Rizal menambahkan, besar pungutan untuk perumahan akan dikenakan Rp. 3.500/keluarga per bulannya. Sedangkan untuk pungutan sampah dari Perusahaan, Rumah Sakit dan lainnya akan berbeda besarannya dengan sampah rumah tangga.

Lebih jauh Rizal menerangkan, untuk pengelolaan sampah yang sudah berjalan selama ini, Dinas LH akan berkoordinasi lagi dengan RT-RT. Karena menurutnya, pungutan terkadang ada yang mencapai Rp.30.000.

Untuk itu, dirinya berharap masyarakat tidak keberatan apabila dikenakan retribusi pungutan sampah. Dia mengungkapkan, jika dianalogikan, setiap orang menghasilkan sampah per hari  mencapai sekitar 0,8 kg dan jika diuangkan akan cukup besar.  Dia mengatakan, retribusi sampah tersebut, intinya berkaitan dengan biaya dari Tempat Pembuangan Sementara (TPS)  menuju Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Voirepot : Reporter Wak Hedir

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x