Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Dinas PU Kutim Pastikan Stop Pengerjaan Pembangunan Ring Road APT Pranoto

Dinas PU Kutim Pastikan Stop Pengerjaan Pembangunan Ring Road APT Pranoto

(915 Views) Mei 27, 2015 9:01 am | Published by | 13 Comments

Sangatta. Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kutai Timur memastikan tidak akan lagi melanjutkan proyek pembangunan jalan ring road APT Pranoto akibat belum terselesaikannya pembebasan lahan yang dilakukan Dinas Pembebasan Lahan dan Tata Ruang (PLTR) yang kini sudah berubah menjadi Dinas Tata Ruang Kutim. Menurut Kepala DPU Kutim Aswandini Eka Tirta, penghentian pengerjaan proyek ini akibat permasalahan pembebasan lahan yang tak kunjung selesai antara Pemkab Kutim dan masyarakat pemilik lahan. Walaupun menurut Dinas PLTR sudah ada beberapa lahan yang telah dibayar panjar, namun Dinas PU mengaku tidak mengetahui lahan mana saja yang telah dipanjar. Sehingga pihaknya tidak berani melanjutkan pengerjaan. Selain itu, bulan Desember mendatang merupakan batas akhir pengerjaan semua proyek multiyears yang dilakukan pemerintah.

Namun akibat penghentian ini, kontraktor sebagai penanggung jawab pengerjaan tidak terkena penalti karena penghentian proyek murni karena permasalahan lahan diluar tanggung jawab kontraktor. Lanjut Aswan, saat ini pihaknya sedang melakukan hitung-hitungan terkait pengerjaan jalan ring road tersebut. Akibat lahan yang belum clear, pengerjaan proyek hanya bisa dilakukan dengan perkiraan 60 persen hingga 70 persen. Namun terkait anggaran yang sudah dikeluarkan, kemungkinan bisa terserap secara keseluruhan. Hal ini karena dengan ruas total panjang jalan 8 Km, namun 4 Km masih bermasalah, pihaknya mengubah kontrak kerja dengan peningkatan kualitas pengerjaan jalan ring road yang sebelumnya hanya agregat menjadi semenisasi dan dibuat dua jalur. Dalam arti, pihaknya akan memaksimalkan dana yang tersedia dengan sisa panjang jalur yang bisa dikerjakan.

(voice)

Lebih jauh Aswan mengatakan, penghentian proyek ini sudah dikonsultasikan dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan dinilai tidak bermasalah. Sementara itu, dari keseluruhan proyek tahun jamak yang dilaksanakan Pemkab Kutim, hanya proyek pembangunan jalur ring road ini saja yang tidak selesai, sedangkan proyek-proyek lainnya dapat diselesaikan sesuai jadwal dan target yang ada.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

13 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments