Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Dinas Tata Ruang Kutai Timur Sebut Pembebasan Lahan, Clear

Dinas Tata Ruang Kutai Timur Sebut Pembebasan Lahan, Clear

(687 Views) Agustus 3, 2016 8:36 am | Published by | No comment

Sangatta. Permasalahan penyelesaian pembebasan lahan terkait proyek-proyek yang ada di Kutai Timur, kini sudah tak menjadi momok lagi. Pasalnya, Dinas Tata Ruang Kutai Timur mengklaim bahwa seluruh lahan yang telah dinegosiasikan sebelumnya telah memiliki dasar kuat yakni Surat Keputusan (SK) Bupati Kutai Timur dan telah terbayarkan seluruhnya. Demikian diungkapkan Kepala Dinas Tata Ruang Kutai Timur Ardiansyah.

Kepada media, dikatakan bahwa mulai dari pembabasan lahan ring road dan lahan-lahan lainnya yang sebelumnya ditangani pihaknya, kini telah tuntas dan tidak ada permasalahan lagi. Termasuk lahan yang sudah disampaikan pihaknya sebelumnya kepada pemkab Kutim, juga sudah jelas. Termasuk perampungan berkas-berkas pembebasan lahannya.

Lanjutnya, saat ini ada beberapa titik lahan yang masuk dalam proyek pembangunan jalur ring road, yang masih bermasalah. Namun hal tersebut bukan lagi masuk dalam kewenangan Dinas Tata Ruang Kutim, karena termasuk baru. Sehingga belum memiliki SK penetapan dari Bupati Kutim. Terlebih saat ini untuk mekanisme pembebasan lahan langsung diserahkan kepada masing-masing Instansi yang memiliki proyek, atau langsung melalui Badan Pertanahan Nasional (BPN).

 (Voice : DTR Ardiansyah – Pembebasan Lahan)

Lebih jauh Ardiansyah mengatakan, saat ini pemkab Kutim masih memiliki hutang terkait pembebasan lahan sebanyak lebih kurang Rp 206 miliar. Sementara tahun ini, Pemkab Kutim mengalokasikan 50 Miliar untuk mengurangi beban hutang pembebasan lahan kepada masyarakat tersebut dan sisanya akan dianggarkan tahun depan.

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments