Menu Click to open Menus
Home » Pemerintahan » Dinkes Kutim Klarifikasi: Terkait Informasi Positif Rapid Tes 36 Orang Cluster Gowa, Di Kutim Masih 5 Positif Covid-19

Dinkes Kutim Klarifikasi: Terkait Informasi Positif Rapid Tes 36 Orang Cluster Gowa, Di Kutim Masih 5 Positif Covid-19

(159 Views) April 23, 2020 9:12 pm | Published by | No comment

SANGATTA–  Terkait adanya infomasi 36 orang positif corona di Kutai Timur merupakan kesalahpahaman. Dalam klarifikasi yang digelar, Rabu (22/4), Kepala Dinas Kesehatan Kutai Timur dr. Bahrani Hasanal memastikan, bahwa sampai saat ini jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kutim berjumlah 5 orang. Sementra dua orang sudah dinyatakan sembuh.

Yang benar,  Bahrani menjelaskan, pihaknya melakukan rapid tes kepada pelaku perjalanan Klaster Gowa. Yaitu mereka yang melakukan perjalanan beserta keluarga terdekat mereka yang diyakini melakukan kontak langsung. Dari hasil rapid test sementara, diketahui 25 orang pelaku perjalanan Klaster Gowa menunjukkan hasil reaktif positif. sedangkan 11 diantaranya anggota keluarga Klaster Gowa yang juga menunjukkan hasil reaktif positif pada rapid test tersebut. Sehingga, total ada 36 orang yang baru positif rapid tes.

Namun, pemeriksaan rapid test, belum bisa dipastikan apakah orang tersebut terkonfirmasi positif virus corona (Covid-19), karena belum terkonfirmasi dengan PCR. Mereka yang dinyatakan positif rapid tes tadi akan dikonfirmasi dengan PCR. Apakah terkonfirmasinya positif atau tidak.

Jadi, hasil reaktif positif dari rapid tes yang dilakukan tim kesehatan terhadap orang-orang yang berkaitan dengan Klaster Gowa tersebut, tidak bisa diartikan bahwa mereka sudah terkonfirmasi positif Covid-19. Bisa jadi reaktif positif yang ditunjukkan adalah reaksi antibodi tubuh dalam fase pemulihan atau penyembuhan.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments