Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Disdikbud Bina Siswa SMA/SMK Jadi Generasi Yang Berkarakter, Melalui Kemah Ilmiah

Disdikbud Bina Siswa SMA/SMK Jadi Generasi Yang Berkarakter, Melalui Kemah Ilmiah

(689 Views) Agustus 13, 2016 7:34 am | Published by | No comment

IMG20160812162145Sangatta – Sesuai dengan Pendidikan Nasional yaitu berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa , berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab dan dalam rangka mendukung  pencapaian visi Mentri Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2025 “Insan Indonesia Cerdas dan Kompetitif” maka perlu dipersiapkan segala sektor didalam dunia pendidikan.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud)  Kabupaten Kutai Timur, Edy Sofyan mengatakan Disdikbud telah berupaya semaksimal mungkin dan seoptimal mungkin dalam mewujudkan Pendidikan Nasional dengan menerapkan berbagai strategi yang terpadu dan bertahap, dengan pencapaian yang teratur, efektif dan se-efesien mungkin. Program tersebut antara lain, pemberlakuan kurikulum 2013 secara menyeluruh disetiap jenjang, pendidikan budaya berkarakter bangsa yang berintegritas dengan kurikulum sekolah pengembangan muatan lokal dan penambahan jam belajar untuk pendidikan agama serta pemenuhan infrastruktur guna menunjang keberhasilan proses pembelajaran di Sekolah.

Pemenuhan secara dasar pendidikan yang menjadi target utama dan program kerja Dinas Pendidikan adalah menjadikan manusia Indonesia yang cerdas. Di era globalisasi ini, dimana arus informasi dan teknologi berjalan dengan cepat yang tentunya bisa membawa dampak positif maupun dampak negatif. Dengan perkembangan Iptek tersebut yang dapat mempengaruhi pola pikir dan pola hidup masyarakat budaya dan tradisi, khususnya generasi muda, yang lebih cepat merespon perkembangan informasi ilmu pengatahuan dan ilmu teknologi.

Sadar dengan hal tersebut Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kutim berupaya meletakkan pendidikan dalam arti luas sebagai pondasi dasar dan filter dalam menghadapi pengaruh negatif pergaulan diluar lingkungan. Berbagai langkah yang sudah ditempuh Disdikbud dalam membina generasi dan pelajar antara lain dengan menjalin kerjasama yang intensif dengan SKPD, Kepolisian, Kejaksaan, BNK, Kecamatan, Kelurahan, Organisasi Pemuda seperti KNPI, Akademis, Perguruan Tinggi, dalam bentuk sosialisasi, seminar, workshop dan lain-lain.

Lebih lanjut, Edy mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman yang benar tentang bahaya narkotika dan obat-obatan terlarang, serta kenakalan-kenakalan remaja, pergaulan bebas, kekerasan seksual dan kenakalan remaja lainnya, selain itu juga tidak lupa memberikan pengatahuan yang benar tentang tata tertib berlalu lintas, taat terhadap hukum dan perundang-undangan yang berlaku dan tindak pidana korupsi.

Lebih Jauh, dirinya mengungkapkam bahwa Disdikbud juga memprogramkan berbagai kegiatan pembinaan kesiswaan, seperti yang dilaksanakan kemarin jum’at sampai minggu, Kemah Ilmiah Pelajar yang bertema “Generasi Muda Yang Berkarakter” kerjasama dengan KNPI Kutim. Kegiatan tersebut bertujuan memupuk rasa persatuan dan kesatuan bangsa, mengembangkan pemikiran yang logis, serta kritis dalam menghadapi permasalahan baik  di lingkungan sosial maupun menentukan alternatif langkah-langkah penyelesaian, selanjutnya memupuk rasa cinta alam dan berusaha menjaga keseimbangan alam .

Voice Sekretaris Disdikbud_Edy Sofyan

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments