Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Disdukcapil Kutim Segera Ajukan Revisi Perda Kependudukan

Disdukcapil Kutim Segera Ajukan Revisi Perda Kependudukan

(609 Views) Januari 14, 2016 9:15 am | Published by | No comment
Sangatta. Dengan semakin bertambahnya penduduk Kutai Timur tiap tahunnya, Pemerintah Kutim melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kutai Timur menganggap perlunya ada peraturan tegas yang mengatur mekanisme kependudukan di Kutai Timur.
Kepala DisdukCapil Kutim Januar Harlian Putra Lembang Alam, mengatakan memang saat ini sudah ada peraturan daerah (Perda) yang mengatur masalah kependudukan di Kutim yakni Perda nomor 7 tahun 2011 tentang kependudukan. Namun karena perda ini masih merujuk pada Undang-undang (UU) nomor 23 tahun 2006 sementara Undang-undang ini sudah direvisi melalui UU nomor 24 tahun 2013, sehingga Perda nomor 7 tahun 2011 ini pun harus dilakukan revisi. Pengajuan revisi ini sudah dimasukkan ke bagian hukum Setkab Kutai Timur untuk segera diusulkan dalam Program Legislasi Daerah (Prolegda) DPRD Kutim 2016 ini.
Lanjut Januar, ada beberapa poin perubahan yang diajukan dalam usulan revisi Perda nomor 7 tahun 2011 tersebut, diantaranya revisi masa berlaku kartu tanda penduduk (KTP) yang sebelumnya berlaku 5 tahun kini sudah berlaku seumur hidup. Selain itu, penerbitan akta kelahiran yang sebelumnya jika terlambat harus dilakukan pembuktian dari pengadilan, saat ini hanya cukup keterangan dari Kepala Disdukcapil. Sedangkan keterlibatan aparat penegak Perda yakni Satpol PP serta sanksi hukum jika terjadi pelanggran perda akan diatur ulang termasuk giat operasi yustisia.
(voice)
Lebih jauh dikatakan Januar, jika revisi perda ini sudah dilakukan maka pihaknya sudah memiliki dasar hukum kuat jika sewaktu-waktu melakukan operasi yustisi terhadap masyarakat yang bermukim di wilayah hukum Kutai Timur. Jika tidak memiliki identitas atau KTP maka aparat hukum atau Satpol PP berhak melakukan penindakan dan menjatuhkan sanksi tegas.
Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments