Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Disdukcapil Siapkan Pelimpahan Kewenangan Cetak KK kepada Kecamatan

Disdukcapil Siapkan Pelimpahan Kewenangan Cetak KK kepada Kecamatan

(3292 Views) Juni 23, 2015 11:40 am | Published by | No comment

Sangatta. Keterbatasan Sarana, Prasarana serta luasnya jangkauan geografis, diakui Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kutai Timur Januar Harlian Putra Lembang Alam sebagai kendala dalam memberikan pelayanan ekstra dan prima kepada masyarakay Kutai Timur, terutama dalam pengurusan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK) dan berkas administrasi kependudukan lainnya.

Menurutnya dalam aturan perundang-undangan tentang administrasi kependudukan, memang Disdukcapil yang memiliki kewenangan dan tanggung jawab dalam melakukan pencetakan Elektronik KTP. Namun secara bertahap, pihaknya akan melakukan pelimpahan kewenangan kepada Kecamatan dalam hal pencetakan kartu keluarga (KK).

sangatta_januar-harlian-putra_20150504_222834Lanjut Januar, kekurangan Sumber daya Manusia (SDM)  merupakan salah satu kendala yang ada. Saat ini jumlah tenaga honorer lebih banyak dari pada PNS. Selain itu, tidak semua kecamatan dialiri listrik 24 jam dalam sehari. Permasalahan listrik ini juga menjadi kendala di kecamatan dan proses perekaman E-KTP dan pencetakannya.

(voice)

Lebih jauh Januar mengatakan, pelimpahan kewenangan dari Disdukcapil kepada Kecamatan dalam penanganan administrasi kependudukan ini, akan dilakukan secara bertahap mulai tahun depan. Sementara untuk perekaman E-KTP, kini sudah ada lebih dari 5 kecamatan di Kutim yang bisa melayani masyarakat di Kecamatan masing-masing. Sehingga ke depan tentunya, dapat lebih meringankan kerja pendataan kependudukan yang selama ini seluruhnya dipikul oleh Disdukcapil sendiri.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments