Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Disdukcapil Sosialisasi Gisa Melalui Radio

Disdukcapil Sosialisasi Gisa Melalui Radio

(259 Views) Februari 14, 2018 3:54 pm | Published by | No comment

Sangatta – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kutai Timur, gencar melakukan sosialisasi kesadaran administrasi, diantaranya melalui siaran radio. Menindak lanjuti amanah  Direktorat Jendral (Dirjen)  Kependudukan Dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, dalam rangka perluasan data kependudukan, untuk penyelenggaraan pemerintah, melalui Gerakan Indonesia Sadar Administrasi (GISA), Kepala Disdukcapil Kutim, Yanuar Harlian, pemaparan program tersebut, dalam talkshow bersama dengan RPDKutim, Rabu,13 Februari.

Yanuar menyampaikan, GISA merupakan program yang dijalankan untuk membangun kesadaran masyarakat, dari tingkat desa dan kelurahan, untuk sadar administrasi kependudukan. Gisa diharapkan dapat terbangun dari Desa, mengenai pentingnya administrasi kependudukan, yang dilanjutkan dengan Kabupaten, kemudian Provinsi hingga dapat menuju Indonesia Sadar Administrasi.

Administrasi kependudukan, bagi setiap masyarakat menjadi penting, karena bersentuhan langsung dengan berbagai aktivitas dan pelayanan umum di Indonesia, diantaranya, saat Pemilihan Kepala Daerah, pengurusan administrasi berbagai surat penting, seperti surat tanah dan surat kepemilikan lainnya, bahkan untuk pendaftaran pelayanan kesehatan melalui BPJS Kesehatan, harus menggunakan KTP-Elektronik.

Dengan sosialisasi, diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat, untuk peduli terhadap administrasi kependudukan. Keaktifan masyarakat untuk  melaporkan administrasi individunya, juga berpengaruh terhadap data yang dimiliki oleh Disdukcapil, karena menurut Yanuar, sudah ada beberapa instansi, yang melalukan kerjasama dengan Disdukcapil dalam pelayanannya, karena data Disdukcapil merupakan data terkini, yang selalu mengalami perubahan dengan adanya laporan administasi dari masyarakat. Misalnya saja, kesadaran masyarakat untuk melaporkan jika ada kelahiran baru di dalam keluarga, maka dalam data penduduk disdukcapil akan ditambahkan, sehingga anak yang baru lahir tersebut sudah terhitung sebagai salah satu warga Kutai Timur.

Voice : Khusnul Khotimah

 

Print Friendly, PDF & Email
Categorised in:

No comment for Disdukcapil Sosialisasi Gisa Melalui Radio

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.