Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » DISDUKCAPIL TERTIBKAN PENCATATAN KEMATIAN

DISDUKCAPIL TERTIBKAN PENCATATAN KEMATIAN

(497 Views) April 20, 2016 9:35 am | Published by | No comment

SANGATTA –  Untuk meningkatkan efektivitas pelayanan administrasi kependudukan dan menjamin akurasi data kependudukan, penertipan dokumen kependudukan tidak hanya meliputi KTP Elektronik atau Akte Kelahiran saja, Surat Keterangan kematian  termasuk dokumen yang diperhatikan. Banyaknya kematian yang tidak dilaporkan mengakibatkan tidak adanya pengurangan data penduduk yang meninggal. Tidak semua masyarakat yang keluarganya meninggal melaporkan atau mengurus Surat Keterangan kematian .

Jika awalnya Surat Keterangan kematian  diurus hanya untuk kepentingan pengurusan pensiun, asuransi, warisan, hukum dan hutang piutang dan hanya menjadi kewajiban penduduk sendiri yang mengurusnya namun saat ini pengurusan Surat Keterangan kematian  diubah menjadi kewajiban RT untuk melaporkan setiap kematian warganya kepada Instansi Pelaksana. Pelaporan tersebut dilakukan secara berjenjang melalui RW, Desa/Kelurahan dan Kecamatan. Dengan kebijakan ini diharapkan cakupan pencatatan kematian akan meningkat secara signifikan.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Januar Harlian menagtakan, Disdukcapil selama ini kesulitan dalam pencatatan kematian, karena tidak semua kematian dilaporkan dan dicatatkan di Disdukcapil, namun kedepannya diharpkan pencatatan kematian ini menjadi dokumen penting yang selalu dilaporkan. Penduduk kutai timur sifatnya dinamis dengan perubahan yang cepat sehingga perubahan data kependudukan berubah dengan cepat. Selain itu dalam beberapa kejadian seperti PILKADA masih banyak masyarakat yang  sudah meninggal namun masih masuk dalam daftar pemilih tetap.

(Voice- Januar Harlian, Akte kematian)

Dengan tertibnya pencatatan dokumen Surat Keterangan kematian , data kependudukan kutai timur akan lebih akurat.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments