Menu Click to open Menus
Home » Infrastruktur » Diserang Banjir, Puluhan Desa Di 3 Kecamatan Kabupaten Kutai Timur, Terendam

Diserang Banjir, Puluhan Desa Di 3 Kecamatan Kabupaten Kutai Timur, Terendam

(949 Views) April 28, 2018 10:06 pm | Published by | No comment

 

Sangatta – Hujan yang turun terus menerus sejak Kamis, 26 April lalu, mengakibatkan puluhan desa di tiga kecamatan Sangatta Utara, Selatan dan Bengalon terendam banjir. Ketinggian air sampai dengan Minggu, 28 April dilaporkan terus mengalami peningkatan, terutama pada wilayah yang berada pada bantaran sungai.

Luapan Sungai Sangatta, yang berada diantara Kecamatan Sangatta Utara dan Selatan, juga terus mengalami peningkatan, terlebih dikarenakan hujan yang masih terus mengguyur.

Sejak pagi, Tim Gabungan yang terdiri dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Basarnas, Dinas Sosial,  Polres Kutim, Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Kutim, PMI Kutim dan instansi lainnya serta pihak perusahaan, sudah melakukan evakuasi warga yang terdampak banjir parah.

Menurut Kepala BPBD Kutai Timur, melalui Kepala Seksi Penanggulangan Darurat, Romi Rahmadani, evakuasi sudah dilakukan di beberapa titik, tingkat keparahan, hampir sama di Sangatta Utara dan Selatan. Untuk ketinggian bervariasi dari pinggang hingga leher, namun memang terus mengalami peningkatan. Sedangkan untuk peralatan penyelamatan, sudah diturunkan perahu karet, perahu lipat, pelampung dari BPBD, Basarnas, Polres Kutim dan Faji Kutim.

Romi menambahkan, setelah dievakuasi, warga diungsikan ke posko terdekat, maupun ke rumah sanak saudara yang kediamannya tidak terendam. Sedangkan untuk dapur umum, sudah di didirikan oleh Dinas Sosial untuk melayani para korban banjir dan para tim penyelamatan.

Di Sangatta Utara, khususnya wilayah Kabo, ada  dua ratus kepala keluarga yang sudah terdata terdampak banjir parah, sedangkan untuk Sangatta Selatan, banjir terpantau lebih parah, namun masih belum terdata keseluruhan. demikian yang disampaikan Romi kepada RPDKutim.

Sebelumnya Bupati Kutai Timur, Ismunandar juga melakukan peninjauan ke lokasi banjir dari Sangatta Selatan hingga Sangatta Utara, sambil memberikan bantuan kepada korban banjir.

Sampai dengan berita ini diturunkan, Tim Gabungan Penyelamatan korban banjir terus melakukan evakuasi.

Aliran listrik dan air bersih, sudah dimatikan dari siang tadi di beberapa lokasi yang sudah digenangi air hingga dua meter.

 

Print Friendly, PDF & Email
Categorised in: ,

No comment for Diserang Banjir, Puluhan Desa Di 3 Kecamatan Kabupaten Kutai Timur, Terendam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.