Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Diskes Kutim Gelar Rapat Koordinasi Tindak lanjut Kutim Masuk Kejadian Luar Biasa (KLB) Kasus DBD

Diskes Kutim Gelar Rapat Koordinasi Tindak lanjut Kutim Masuk Kejadian Luar Biasa (KLB) Kasus DBD

(553 Views) Februari 23, 2016 6:10 am | Published by | 1 Comment

Sangatta– Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan Muhammad Yusuf mengatakan, bahwa Kabupaten Kutai Timur termasuk salah satu dari tujuh Kabupaten/Kota di provinsi Kalimatan Timur yang dinyatakan termasuk wilayah yang terkena wabah penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) dengan katagori Kejadian Luar Biasa (KLB) pernyataan tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur menyatakan melalui surat edaran dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalimatan Timur.

Menindak lanjuti kasus Kejadian Luar Biasa ini, Yusuf menyampaikan  intruksi dari Bupati Kutai Timur Ismunandar,  yakni memerintahkan seluruh masyarakat di Kabupaten Kutai Timur untuk melaksanakan kerja bakti atau gotong royong selanjut Pemerintah tetap melaksanakan foging. Hal itu disampaikan  tersebut disampaikan Bupati pada rapat koordinasi senin kemarin (22/2/16) diruang Arau Kantor Bupati dengan seluruh camat Se-Kabuapten Kutai Timur.

Lebih jauh Yusuf mengungkapkan Kecamatan Sangatta Utara dan Sangatta Selatan merupakan wilayah yang memiliki kasus DBD tinggi, disusul Kecamatan Bengalon. Dikatakan Dia kasus DBD di Kabupaten Kutai Timur belum ada tanda-tanda penurunan  justru sebaliknya yang terjadi yaitu peningkatan. Jika dilihat kasus selama dua bulan terakhir januari-februari tahun 2016 ada 420 kasus dan lima orang meninggal dunia.

Voice

Untuk menindak lanjuti wabah penyakit ini, perlu di laksankan rapat koordinasi kembali yang bertujuan mempersiapkan rencana kegitan untuk pengendalian penyakit DBD. Yusuf menjelas raopat tersebut akan membahas tiga rencana kegiatan, pertama masyarakat diharapkan melaksanakan pemberantasan jentik di lingkungannya masing-masing. Kedua foging masal akan dilakukan Pemerintah serta  meminta bantuan dari Provinsi. Ketiga yaitu membagikan abate kepada masyarakat. Yusuf  berharapkan dengan tiga kegiatan tersebut akan menurun angka kasus DBD di Kabupaten Kutai Timur.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

1 Comment
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments