Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Disnaker Kutim Carikan Solusi Agar Buruh Kontak Punya Jaminan Kesehatan

Disnaker Kutim Carikan Solusi Agar Buruh Kontak Punya Jaminan Kesehatan

(2385 Views) Februari 25, 2016 7:03 am | Published by | 153 Comments

Sangatta. Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kutai Timur saat ini sedang mengupayakan  bagaimana agar para pekerja kontrak khususnya bagi pekerja kontrak harian di perusahaan perkebunan mendapatkan jaminan sosial dan kesehatan (BPJS). Hal ini menindaklanjuti hasil temuan Panitia Kerja (Panja) Ketenagakerjaan yang dibentuk Komisi D DPRD Kutim, yang menemukan adanya indikasi kesengajaan dari beberapa perusahaan perkebunan sawit di Kutim yang memberlakukan kontrak kerja secara harian atau bulanan kepada buruh, sehingga menyebabkan perusahaan terlepas dari tanggung jawab memberikan fasilitas jaminan kesehatan dan sosial khususnya BPJS kepada buruh.

Dikatakan Kepala Disnakertrans Kutim Abdullah Fauzi, jika mengacu pada ketentuan ketenagakerjaan yang ada seharusnya setelah bekerja kontrak selama 6 bulan, karyawan atau buruh harus diangkat menjadi permanen. Namun hal ini kembali kepada pihak manajemen perusahaan apakah mampu mengangkat ratusan karyawan sekaligus menjadi status karyawan permanen. Terlebih kondisi perekonomian dunia juga belum stabil. Kemungkinan ini yang kemudian membuat pihak perusahaan hanya menerapkan sistem kontrak bulanan atau harian. Sehingga jika habis masa kontrak pekerja diberhentikan dan jika ingin bekerja maka melamar kerja ulang.

Lanjut Fauzi, dirinya sudah menindaklanjuti temuan tersebut dengan berkoordinasi kembali bersama tim Panja DPRD beserta pihak perusahaan, untuk mencari solusi permasalahan jaminan kesehatan dan sosial khususnya bagi pekerja kontrak. Bahkan dalam salah satu poin temuan Panja tersebut dikatakan bahwa mengapa pihak perusahaan tidak bisa memberikan jaminan sosial dan kesehatan kepada buruh, dikarenakan sebagian besar buruh yang bekerja tidak memiliki kartu identitas penduduk (KTP) Kutim. Dengan menggandeng Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kutim, diharap ada solusi terkait upaya memberikan jaminan kesehatan kepada buruh. Paling tidak ujar Fauzi, jika memang tidak bisa diberikan jaminan kesehatan dan sosial secara permanen, diupayakan secara temporer.

(Voice : Insert Disnaker Fauzi BPJS Buruh Kontrak)

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

153 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments