Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Disperindag Kutim Janji Tertibkan Perijinan Toko Modern Bandel, Tahun Ini

Disperindag Kutim Janji Tertibkan Perijinan Toko Modern Bandel, Tahun Ini

(614 Views) Maret 3, 2015 9:37 pm | Published by | No comment

Sangatta. Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kutai Timur Irawansyah mengakui jika dari sekian banyaknya toko modern yang menjamur di kota Sangatta, sebagian besar tak memiliki ijin opersional.

Diungkapkan Irawansyah, lebih dari 10 toko modern yang berdiri di Sangatta dan 1 di Kecamatan Bengalon, yakni Indomaret dan Alfa Midi, ternyata hanya 8 unit yang memiliki ijin prinsif dan operasional dan sisanya illegal atau tak berijin. 7 unit toko modern tersebut yakni Indomaret dan berada di jalur utama Kota Sangatta, sedangkan 1 unit lagi berdiri di Kecamatan Bengalon. Hal ini menurut Irawan karena lemahnya pengawasan pihaknya di lapangan dan tidak ada koordinasi dengan para pengusaha toko modern tersebut.

Lanjutnya, walaupun terkesan terlambat namun pihaknya berjanji tahun ini akan mulai melakukan penertiban terhadap toko modern yang sudah terlanjur berdiri di Sangatta dan tidak memiliki ijin. Walaupun tak bisa memastikan sanksi apa yang akan diberikan bagi pemilik toko modern tak berijin tersebut, namun dirinya hanya meminta kepada para pemilik toko ini untuk segera mengurus perijinannya.

(Voice)

Lebih jauh Irawansyah mengatakan, keberadaan toko modern ini sebenarnya sudah diatur dalam Peraturan Bupati (Perbup) Kutim tentang toko modern. Dan kini, untuk menindak lanjuti Perbup tersebut pihaknya sudah mengusulkan peraturan daerah (Perda) tentang usaha toko modern (UTM). Perda ini akan mengatur jumlah unit dan jarak toko modern ini boleh dibangun dari pasar tradisional, yakni 2 Km.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments