Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Disperindag Telah Himbau Distributor Untuk Tekan Harga, Baik Di Pasar Induk Maupun Pasar Sangatta Selatan

Disperindag Telah Himbau Distributor Untuk Tekan Harga, Baik Di Pasar Induk Maupun Pasar Sangatta Selatan

(589 Views) Juni 9, 2016 7:51 am | Published by | 1 Comment

Sangatta – Selama bulan ramadhan, harga barang, bahan makana, semabko dipasar-pasar, swalayan biasaya mengalami kenaikan harga. Untuk menekan harga agar tidak merangkak naik secara signifikan Pemkab Kutim melalu Disperindag dan Instansi terkait laiinya, rutin melakukan operasi pasar atau sidak ditempat-tempat perbelanjaan. Dari hasil operasi tersebut, ada harga bahan makan seperti daging ayam, sapi dan lainnya yang memiliki perbedaan harga, antara Pasar Induk Sangatta dengan Pasar di Sangatta Selatan.

Terkait dengan hal itu, Kepala UPTD. Pasar Induk Sangatta (PIS) Pasombaran, ditemui awak media diruang kerja usai melakukan operasi Pasar yang dipimpin langsung Wakil Bupati Kasmidi Bulang padi tadi, Kamis (9/6) mengatakan bperbedaan harga dari pedagang tersebut merupakan hal yang wajar, perbedaan harga itu dikarenakan tiga faktor yaitu berbeda sumbernya, cara pedagangnya menyetok dan faktor transpotasi. Dijelaskan harga komoditi yang berbeda itu seperti harga ayam ada yang beda Rp.1000,- , ada juga yang selisih Rp.2.000,- dan ada yang sama. Tetapi secara umum harga ayam lebih murah di Pasar Induk Sangatta.

Selanjutnya Pasombaran, mengungkapkan harga daging di Pasar Induk sangatta lebih murah, ada yang jual Rp.120.000,- /Kg ada juga yang 125.000,- sedang harga di Pasar Sangatta Selatan mencapai 130.000,-. Kemudian faktor lain yang membuat harga berbeda dikatakan, dikarenakan perilaku dari pedagang itu sendiri, ada yang ingin cept laku sehingga menjual dengan harga yang lebih murah, sehingga ada perbedaan harga ditingkat pedagang

Namun untuk ikan terbalik, kalau ikan di Pasar Induk Sangatta lebih mahal sedikit dari Pasar Sangatta Selatan, karena di Pasar Sangatta Selatan merupakan tempat bongkar muatan nelayan yang dari laut, masuk dan bongkar muatannya disana. Jadi wajar jika harga ikan di Pasar sangatta Selatan lebih murah ketimbang di Pasar Induk Sangatta.

Sementara itu, ditanya soal Intruksi Wakil Bupati, kepada Disperindag untuk membuat surat kepada para distributor, Pasombaran mengakui bahwa jauh-jauh hari Disperindag sudah mengundang distributor-distributor dan pedagang besar yang ada di Pasar Induk dan Pasar Sangatta Selatan, untuk melakukan rapat koordinasi di Disperindag Kutim, dan hasil rapat tersebut, Pasombaran mengungkapkan Disperindag telah menghimbaukan kepada Distributor untuk tidak menaikan harga secara signifikan, tidak menimbun barang dan agar selalu mencukupkan stok barangnya.

Voice Pasombaran_Himbau Distributor

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

1 Comment
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments