Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Disperindag Tingkatkan Mutu IKM

Disperindag Tingkatkan Mutu IKM

(642 Views) Februari 15, 2016 11:48 am | Published by | 1 Comment

SANGATTA – Mendapat Peringkat terbaik ke II Panji Keberhasilan Bidang Industri Se- Kalimantan Timur dari Pemprov Kaltim beberala waktu lalu menjadi satu bukti bahwa komitmen Dinas Perindustrian Dan Perdagangan terus mendukung sektor usaha khususnya memajukan IKM (industry kecil dan menengah).

Kepala Disperindag Irawansyah melalui Kepala Bidang Industri Eri Mulyadi mengatakan, Panji keberhasilan tersebut hanyalah bukti komitmen yang diapresiasi oleh Pemrov Kaltim. Namun yang terpenting Disperindag akan terus mengerjakan program sesuai rencana. Sehingga mutu IKM terus berkembang dan level keberhasilannya juga bisa ditingkatkan.

IKM (3)
“Unggulan IKM kita meliputi produk makanan dan kerajinan. Semunya terus dikembangkan di seluruh Kutim,” katanya.

Sebagai bentuk dukungan kepada pelaku usaha, pihak Disperindag terus mengagendakan kegiatan pembinaan dan pelatihan demi pengembangan IKM. Program dilaksanakan berdasarkan data-data IKM yang di update setiap tahun. Dia berharap apabila ada IKM baru baik kelompok maupun perorangan untuk segera melaporkan ke pemerintah desa atau kecamatan agar mendapatkan pembinaan. Dijelaskan lebih jauh olehnya, hingga akhir tahun 2015 tercatat sudah ada sekitar 764 IKM di wilayah Kutim. Terdiri dari sektor pengolahan pangan dan kerajinan.

Selain itu menurut Eri, Pemkab juga mendukung rencana pengembangan kawasan ekonomi khusus (KEK), Maloy, Kaliorang sebagai kawasan industry. Hal tersebut tentunya menjadi satu factor positif yang dapat memacu pertumbuhan sektor industry di daerah ini. Eri menambahkan, saat ini sudah ada sebanyak 17 investor yang siap masuk dikawasan industry terpadu tersebut. “Kini kami (Disperindag) berupaya menyusun rancangan peraturan daerah (raperda), yang didalamnya mengatur (regulasi) pemberian insentif kepada investor melalui viskal atau non viskal dengan tujuan menarik perhatian investor untuk bergabung. Kami akan susun raperda tersebut bersama SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) terkait,” jelasnya.

Semua hal tersebut dilakukan agar mendukung dasar pemberian insentif yang direncanakan. Diharapkan raperda dimaksud cepat rampung, mengingat kelembagaan, administrator sudah dibentuk. Terlebih badan usaha pengelola dan badan usaha pembangunan kawasan itu sudah ditetapkan melalui Keputusan Bupati Kutim Nomor 510.4/K.419/2015 dan SK (surat keputusan) tentang Penetapan Badan Usaha Nomor 500/K.554/2015.

Sekedar diketahui, Panji keberhasilan bidang industri se-kaltim diberikan berdasarkan hasil penilaian dari tim Disperindag Provinsi. Meliputi berapa alokasi dana untuk bidang industri, lalu kegiatan-kegiatan untuk memajukan IKM seperti pelatihan, kegiatan magang, promosi dan bantuan peralatan.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

1 Comment
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments