Menu Click to open Menus
Home » Pemerintahan » Distan Kutim Himbau Masyarakat Beli Hewan Qurban Ber-Label Sehat

Distan Kutim Himbau Masyarakat Beli Hewan Qurban Ber-Label Sehat

(317 Views) Agustus 7, 2018 3:34 pm | Published by | No comment

Sangatta – Jelang peringatan hari raya Idul Adha atau hari raya Qurban, Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Kutai Timur mengingatkan masyarakat untuk membeli hewan qurban yang sudah berlabel sehat dari Distan Kutai Timur.

Pemeriksanaan terhadap kesehatan hewan qurban rencananya akan dilaksanakan seminggu jelang hari Qurban, nantinya akan ada tim yang dibentuk Distan Kutai Timur,  yang akan memeriksa kesehatan hewan kurban melalui pengecekan antimortem, yakni pemeriksanaan untuk melihat kondisi fisik luar hewan, apakah ada luka, cacat dan beberapa kondisi fisik lain yang memperlihatkan apakah hewan tersebut dalam keadaan sehat atau terindikasi memiliki penyakit.

Usai melewati pemeriksaan dan dinyatakan sehat, hewan kurban tersebut akan mendapatkan tanda atau label dari Distan. Jika belum berlabel, maka hewan tersebut masih belum diketahui kesehatannya, apakah layak untuk diqurbankan atau tidak.

Menurut Kepala Distan Kutai Timur, Sugiono, hewan qurban banyak didatangkan dari luar daerah yakni Sulawesi dan Jawa, untuk hewan qurban yang didatangkan dari luar daerah justru lebih dahulu diketahui kesehatannya, karena memang sebelum keluar dari daerahnya, hewan tersebut akan melewati proses pemeriksaan kesehatan di daerah asal. Namun nantinya tetap akan dilakukan pemeriksanaan ulang untuk keseluruhan hewan yang dijual untuk kurban.

Tidak berbeda, Kepala Bidang Peternakan Distan Kutai Timur, Mardi Suaibman, juga menghimbau masyarakat untuk membeli hewan kurban yang sudah melalui proses pemeriksanaan kesehatan, ada label atau penanda yang menandai hewan tersebut sudah diperiksa. Hal tersebut dilakukan, agar hewan kurban yang dikomsumsi oleh masyarakat terjamin kesehatannya.

Sedangkan untuk stok hewan qurban, menurut Mardi, diperkirakan banyak dan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat, hanya tinggal melihat daya beli masyatakat saja.

Voice : Khusnul Khotimah

Print Friendly, PDF & Email

No comment for Distan Kutim Himbau Masyarakat Beli Hewan Qurban Ber-Label Sehat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.