Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Distanak Kutim Segera Bagi 2.211 Ekor Sapi

Distanak Kutim Segera Bagi 2.211 Ekor Sapi

(439 Views) Desember 6, 2015 2:27 pm | Published by | No comment

Sangatta. Kutai Timur akan segera kebanjiran bantuan hewan ternak jenis sapi yang merupakan bantuan dari Pemerintah Pusat, Provinsi dan termasuk Pengadaan Pemkab Kutim sendiri. Demikian disampaikan Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kutai Timur Syarifuddin Ginting didampingi Kepala Seksi Penyebaran dan Pengembangan Peternakan (Barbangnak) Bambang Hartono.

Kepada awak media, dirinya mengatakan tahun ini Kutai Timur kebanjiran bantuan hewan ternak sapi dengan jumlah mencapai 2.211 ekor, dengan rincian 1.500 ekor Sapi Brahman Cross yang merupakan bantuan APBN-P, 150 ekor Sapi Brahman Cross yang merupakan bantuan melalui APBN murni. Selain itu juga ada 117 ekor sapi bali dari APBD Murni, 370 ekor sapi bali melalui APBD I dan 224 ekor sapi bali yang didatangkan melalui APBD II.

Dikatakan Bambang, 1.650 ekor Sapi Beahman Cross ini akan dibagikan kepada 30 kelompok tani yang tersebar di 8 Kecamatan di Kutim, diantaranya Sangatta Selatan, Kaliorang, Muara Ancalong, Bengalon, Muara Wahau, Kongbeng, Long Mesangat dan Kecamatan Rantau Pulung. Ketigapuluh kelompok tani ini sudah mengikuti seleksi selama setahun terakhir dan memiliki sertifikat. Sementara 711 ekor sapi bali akan dibagikan kepada 10 kelompok tani di luar 30 kelompok tani penerima sapi brahman cross. Sapi Brahman Cross sendiri rencananya baru akan datang dari Australia pada tanggal 7 Desember mendatang. Sedangkan saat ini sapi bali sudah ada di Samarinda untuk dilakukan pengecekan dan rencananya tanggal 5 Desember mendatang akan di kirim ke Kutim dan akan langsung dibagikan ke 10 kelompok tani.

Lanjutnya, sapi brahman cross yang datang kali ini adalah sapi indukan dan bukan sapi bibit seperti sapi bali. Bahkan kabarnya sapi ini ada yang sedang hamil. Sapi-sapi ini akan mengikuti pola integrasi antara pengembangbiakan sapi dengan perkebunan sawit. Sehingga selain sapi, juga disertakan alat pemotong tandan sawit (copper) dan peralatan lainnya serta pakan ternak. Namun sebelumnya, sapi-sapi ini akan dikarantina dan dilakukan pengecekan kesehatan selama seminggu di Balikpapan, sebelum kemudian disebarkan di Kutai Timur.
(voice)

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments