Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Distanak Kutim Siap Dukung Program Budidaya Ayam Kampung

Distanak Kutim Siap Dukung Program Budidaya Ayam Kampung

(463 Views) September 2, 2015 12:22 pm | Published by | No comment

Sangatta. Pencapaian keberhasilan yang didapatkan Kelompok Tani Manuai Bakti Desa Sepaso Barat Kecamatan Bengalon, mendapatkan predikat juara pertama lomba ternak unggas lokal atau kampung tingkat Nasional tahun 2015, membuat Dinas Pertanian dan Peternakan(Distanak) Kutai Timur harus berbuat lebih agar predikat ini benar-benar layak didapatkan kelompok tani ini dan dapat terus mempertahankan keberhasilan yang ada.

Menurut Kepala Distanak Kutim Syarifuddin Ginting melalui Kabid Peternakan Diah Ratna Ningrum, prestasi kelompok tani Menuai Bakti ini sangat membanggakan bagi masyarakat dan Pemerintah Kutai Timur, terlebih merupakan penghargaan tingkat Nasional.

Lanjutnya, untuk menjadikan Kutai Timur dan Kelompok Tani Menuai Bakti ini benar-benar layak sebagai juara, Distanak Kutim tahun depan menargetkan beberapa pencapaian, diantaranya bagaimana agar DOC atau bibit anakan ayam mampu dihasilkan dari indukan lokal yang unggul sehingga tidak perlu lagi mendatangkan dari Pulau Jawa. Selain itu agar produk olahan daging ayam kampung kemasan ini mampu diterima oleh pasar, perlu segera dibangunkan rumah potong ayam yang standar dan memiliki sertifikat halal. Sehingga konsumen benar-benar percaya dan mau menerima produk olahan daging ayam kampung ini.

(voice)

Ditambahkan, saat ini potensi pasar ayam kampung baik di Sangatta dan beberapa kota di luar Kutim seperti Samarinda, Bontang dan Balikpapan sangatlah besar, baik pasar tradisional maupun pasar modern (supermarket). Belum lagi jika mampu memasok rumah-rumah makan dan restoran di Kaltim. Tentunya keberhasilan ini juga memerlukan dukungan pihak ketiga atau swasta serta terus adanya pembinaan dan pembekalan secara intensif kepada para peternak.

Print Friendly, PDF & Email
Categorised in:

Leave a Reply

avatar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
Notify of