Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Distribusi Raskin Jadi Momok Tahunan

Distribusi Raskin Jadi Momok Tahunan

(556 Views) Oktober 4, 2015 1:49 pm | Published by | No comment
Sangatta. Permasalahan distribusi beras miskin (Raskin) memang terus menjadi permasalahan klasik sepanjang tahun dalam program Raskin. Permasalahn ini terus membelit terutama bagi daerah-daerah yang memang sulit terjangkau akses transportasi seperti Kecamatan Sandaran dan Busang di Kabupaten Kutai Timur, Mahakan Ulu dan Kutai Barat. Demikian diungkapkan Nursigit, Kabag Industri dan Jasa Biro Perekonomian Prov Kaltim.
Ditemui usai menghadiri Rakor Evaluasi dan Monitoring Raskin seKaltim di Sangatta, dirinya mengakui jika permasalahan distribusi raskin ini selalu menjadi momok tiap tahunnya. Namun untuk daerah-daerah yang susah terakses, Pemerintah provinsi dan Pusat tetap mengupayakan pendistribusian dengan cara dirapel.
Lanjutnya, sangat disayangkan jika ada Kabupaten/Kota kemudian angkat tangan dan tidak mau melanjutkan program bagi rakyat miskin ini. Hanya dengan menebus Rp1.600 perkilogramnya, masyarakat miskin diuntungkan lebih Rp6.000 perkilogram. Namun dipastikan dengan program Raskin ini Pemerintah tidak bermaksud memanjakan masyarakat miskin, tetapi hanya membantu sifatnya sesaat.
(voice)
Lebih jauh terkait adanya dugaan ketidak akuratan data masyarakat miskin, Sigit mengatakan validasi seharusnya dilakukan ulang mulai tingkat desa atau lurah, kecamatan hingga ke tingkat Kabupaten. Sedangkan Pemerintah Provinsi sifatnya hanya koordinasi dan melakukan pengawasan agar program raskin dapat sesuai dan tepat sasaran tiap akhir tahunnya.
Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments