Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Dokumen RKPD Dinilai Baik Kutim Terima Penghargaan Pangripta Nusantara Diterima Wabup Pada Pembukaan Musrenbang RKPD Kaltim

Dokumen RKPD Dinilai Baik Kutim Terima Penghargaan Pangripta Nusantara Diterima Wabup Pada Pembukaan Musrenbang RKPD Kaltim

(596 Views) April 1, 2015 8:26 am | Published by | No comment

SAMARINDA- Untuk kesekian kalinya, Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) berhasil menerima penghargaa Anugerah Pangripta Nusantara (APN) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) bersama Kota Bontang dan Kabupaten Kabupaten Kutai Kartanegara. Penghargaan ini diberikan kepada Kutim karena dianggap sebagai salah satu yang terbaik diantara Kabupaten/Kota se-Kaltim dalam penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2015.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak kepada Wakil Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman pada acara pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Provinsi Kaltim di Convention Hall Komplek Stadion Sempaja, Samarinda, Rabu (1/4) kemarin. Puluhan pejabat lingkup Pemkab Kutim seperti Ketua DPRD Mahyunadi, Kepala SKPD (satuan kerja perangkat daerah) tampak turut hadir menyaksikan penyerahan penghargaan dimaksud.

Wabun Ardiansyah Sulaiman usai menerima penghargaan mengatakan bahwa APN yang diterima Pemkab tahun ini merupakan kebanggaan masyarakat Kutim dan prestasi jajaran Bappeda Kutim.

“Secara kualitatif mereka (tim dari Bappeda Kutim) menyusun sangat rapi RKPD Pemkab Kutim,” sebut Ardiansyah kemarin.

Prestasi ini, sambung Wabup sudah sepantasnya diapresiasi dan diacungi jempol. Kendati untuk tahun ini, Kutim hanya berada diperingkat ketiga. Oleh sebab itu, dia berharap jajaran Bappeda harus mulai meningkatkan koordinasi dan kerjasama dalam penyusunan RKPD tahun berikutnya. Sehingga dokumen yang tersusun menjadi lebih baik dari yang sudah ada saat ini. Menurut dia, disiplin waktu dan kerjasama yang solid menjadi kata kunci untuk menyusun dokumen RKPD menjadi lebih baik. Dia berharap, Kutim dapat meraih predikat terbaik se-Kaltim pada penilaian APN tahun mendatang.

Sementara itu Kepala Bappeda Kutim Suprihanto CES mengaku bangga atas kinerja bawahannya dalam penyusunan dokumen RKPD hingga akhirnya menerima penghargaab APN. Dia mengatakan penilaian APN kali ini akan dijadikan bahan evaluasi jajarannya untuk menyusun RKPD lebih baik kedepannya.

Perlu diketahui, RKPD yang dinilai merupakan dokumen yang disusun oleh tim dari Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) Kutim. Berupa dokumen rencana pembangunan secara lebih baik, konsisten, dan komprehensif. Plus sinergis, terukur dan dapat dilaksanakan serta sekaligus menciptakan insentif bagi pemerintah daerah untuk mewujudkan perencanaan yang lebih baik dan bermutu.

Berdasarkan hasil rapat Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kaltim pada 16 Maret 2015, Kutim ditetapkan sebagai nominator APN bersama Kota Bontang dan Kabupaten Kukar. Selanjutnya ketiga daerah berhak mengikuti penilaian tahap II yakni verifikasi data sejak 19-24 Maret 2015.

Data-data yang masuk dalam penilaian penghargaan tahunan ini antara lain RPJMD (rencana pembangunan jangka menengah), RKPD tahun 2015, juga data yang mendukung tentang partisipasi masyarakat dalam penyusunan RKPD kabupaten tahun 2015. Berikutnya usulan kesepakatan Musrenbang (musyawarah perencanaan pembangunan) desa, kelurahan, kecamatan dan kabupaten. Termasuk persentase usulan diakomodir dalam program kegiatan.

Selanjutnya data sinkronisasi prioritas daerah dalam RKPD 2015 dengan prioritas provinsi dan RKP 2015. Berikutnya sinergitas program dan kegiatan dalam RKPDK dan RKPD Provinsi 2015, kapasitas perencana daerah dalam penyiapan RKPD, dokumen pelaksanaan konsultasi publik RKPD kabupaten. Kemudian inovasi dalam penyusunan perencanaan non konvensional, inovasi pada kebijakan dan program pembangunan. Selain itu juga ada daftar hadir Musrenbang desa, kelurahan, kecamatan, dan kabupaten.

Dokumen lain yang disiapkan untuk bahan penilaian yaitu pokok-pokok pikiran dan kompilasi reses DPRD, perencanaan desa, kelurahan, kecamatan dan kabupaten, renstra (rencana strategis) dan rencana kerja (renja) satuan kerja perangkat daerah (SKPD) serta dokumen pendukung lainnya terkait proses penyusunan RKPD 2015Kepala Bappeda Kutim, Suprihanto CES, menyebutkan bahwa Pemkab Kutim telah tiga tahun berturut-turut menjadi nominator.

Sebelum pengumuman penilaian oleh tim penilai Pemrov Kaltim di Ruang Rapat Bappeda, 24 Maret lalu, Kepala Bappeda Kutim, Suprihanto terlebih dahulu mempresentasikan tentang RKPD Kutim tahun 2015, yang dipayungi Peraturan Bupati Kutim Nomor 18 Tahun 2014.

Presentasi Kepala Bappeda langsung dinilai oleh tim penilai utama melibatkan pejabat esselon II dari Bappeda Kaltim atau instansi terkait dibantu tim teknis dan penilai independen dari akademisi.

Kriteria penilaian meliputi empat parameter. Antara lain keterkaitan, konsistensi, kelengkapan dan kedalaman, serta keterukuran. Selanjutnya hasil penilaian dokumen RKPD Kabupaten/Kota 2015 diverifikasi terkait proses dan prinsip penyusunan RKPD dengan menggunakan empat kelompok parameter. Parameter dimaksud yakni proses perencanaan dari bawah, proses perencanaan dari atas, proses perencanaan teknokratik, dan proses perencanaan politik.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments