Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Dongeng Merupakan Sarana Komunikasi Yang Efektif dan Murah

Dongeng Merupakan Sarana Komunikasi Yang Efektif dan Murah

(442 Views) Juni 28, 2016 6:43 am | Published by | No comment

Sangatta – Sangatta Bercerita yang digelar KNPI Kutai Timur, ini sengaja digelar untuk anak-anak di Sangatta, dan mengundang ratusan anak Panti Asuhan yang ada di Kota Sangatta, dengan mendatangkan M.Sabir HL dari Pondok Dongen Nasdional asal Samarinda.

Ditemui awak media, Sabir mengatakan Pondok Dongen Kaltim sengaja melakukan Road Show ke beberapa Kabupaten/Kota termasuk di Kutai Timur, dalam rangka memuliakan bulan suci Ramadhan. Adapun dongeng yang diangkat “Tangisan Pilu Seorang Ibu Di Bulan Suci Ramadhan”. Alasan  kenapa judul ini diangkat, Sabir menuturkan jika melihat anak-anak zaman sekarang ada anak-anka yang dukhaka kepada orang tua, walaupun tidak semua anak durhaka kepada orang tuanya. Dia mengungkapkan kalau mau jujur, ada kehidupan sehari-hari yang membuat hati kita miris, ketika si ibu memanggil anaknya selalau dengan jawaban tidak mau.  Inilah yang mengispirasi dirinya untuk mengangkat dongen islami tersebut .

Disamping itu Sabir menambahkan, betapa perlunya seorang ayah atau ibu untuk mendongeng dan bagaimana cara melestarikan budaya mendongeng menjadi kebutuhan bagi anak-anak, karena sekarang ini banyak anak-anak yang mengeluarkan kata-kata kasar kepada orang tuanya sendiri, Karena anak-anak sekarang lebih banyak menghabiskan waktunya hanya dengan bermain game, sedangkan digame-game banyak kata-kata/dialognya yang membuat si anak-anak bisa mengeluarkan kata-kata kasar. Karena anak-anak pada umumnya harus ada sesuatu yang dicontoh, jadi untuk itu orang tua harus bisa memberikan contoh yang baik kepada anak-anaknya.

Lebih lanjut, Sabir mengatakan dongeng merupakan sebuah sarana komunikasi yang lebih efektif, murah meriah, dengan hanya mengeluarkan sedikit biaya dan kalau pandai berkomunikasi anak-anak akan duduk diam mendengarkan.

Voice Pendongen Kaltim _Sabir

Lebih jauh, Dia mengatakan bahwa Pondok Dongeng Kaltim pada bulan Agustus ini akan melakukan road show di 12 Kabupaten/Kota di kaltim, yang rencananya akan di mulai dari Tenggarong, Kutai Baratar, Bontang termasuk di Kutim.  Dia mengungkpakan cerita-cerita rakyat yang hampir puna itu yang akan digali dan didata kembali, kedepan Dirinya berencana akan membuat film dokumenter cerita-cerita rakyat tersebut, menjadi narasumber sehingga  dapat dipertanggung jawabkan.

Sabir berharap satu tahun dari  program berkeliling di Kaltim, akan lahir sebuah buku yang bukan hanya milik Kaltim, tapi untuk seluruh Nusantara. Satu contoh Pendongen Kaltim ternyata sudah melahirkan tiga anak generasi pendongen tingkat nasional yang berasal dari Kaltim yakni dari Balikpapan, Bontang, Kutai Timur dan Berau.

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments