Menu Click to open Menus
Home » Pemerintahan » Dongkrak Pendidikan Kelautan, Disdik Kaltim Beri Alat Simulator Ke SMK 2 Negeri Sangatta Utara

Dongkrak Pendidikan Kelautan, Disdik Kaltim Beri Alat Simulator Ke SMK 2 Negeri Sangatta Utara

(44 Views) November 19, 2018 7:58 pm | Published by | No comment

Sangatta – Mendongkrak pendidikan kelautan, Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), memberikan dua unit alat simulator navigasi pelayaran yang diberikan ke dua sekolah SMK, yakni SMK di Balikpapan dan SMK 2 Negeri Sangatta Utara, Kutai Timur.

Penyerahan dilakukan oleh Kepala Bidang SMK Badan Pembinaan Provinsi Kaltim,  Deslan Nispayani, mewakili Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kaltim, yang diserahkan secara simbolis kepada Wakil Bupati Kutai Timur, Kasmidi Bulang, di Halaman SMK 2 Negeri Sangatta Utara, Senin, 19 November.

Deslan menyampaikan, peningkatan pendidikan kelautan di Indonesia didorong oleh pencanangan Presiden Republik Indonesia, untuk membangkitkan kembali poros maritime. Oleh karena itu sekolah kejuruan memiliki kewajiban untuk mencetak lulusan dunia kerja. Pengetahuan dan ketrampilan lulusan harus sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.

Pemilihan SMK 2 Negeri Sangatta Utara untuk mendapatkan alat simulasi tersebut, menurut Deslan tidak terlepas dari prestasi yang sudah dicetak dari lulusan tersebut. SMK 2 Negeri Sangatta Utara termasuk sekolah yang diunggulkan di Kaltim, bahkan ada lulusannya yang langsung direkrut oleh lapangan kerja di luar negeri, demikian yang disampaikan ditemui usai penyerahan alat simulator.

Sementara itu, Kasmidi yang didaulat untuk melakukan uji coba pertama simulator tersebut, mengaku takjub. Ia mengatakan, dengan adanya simulator siswa lebih paham dengan jurusan yang dipilih, harapannya setelah lulus dari sekolah tersebut, siswa sudah menjadi tenaga-tenaga handal yang bisa langsung direkrut perusahaan-perusahaan besar.

Dengan nilai hampir mencapai empat milyar rupiah, Simolator Navigasi Pelayaran tersebut memberikan gambaran nyata dianjungan sebuah kapal, untuk meningkatkan kompetensi yang tergabung dalam fungsi navigasi. Kini, para siswa yang sebelumnya harus belajar praktek ke laut dengan menggunakan bantuan kapal perusahaan, sudah tidak perlu lagi keluar sekolah, tinggal menggunakan alat yang sudah tersedia.

Voice : Khusnul Khotimah

Print Friendly, PDF & Email
Categorised in: ,

No comment for Dongkrak Pendidikan Kelautan, Disdik Kaltim Beri Alat Simulator Ke SMK 2 Negeri Sangatta Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.