Menu Click to open Menus
Home » Pemerintahan » Dorong Desa Gunakan Siskuedes, Dispemdes Beri Pelatihan Bendahara dan Operator

Dorong Desa Gunakan Siskuedes, Dispemdes Beri Pelatihan Bendahara dan Operator

(64 Views) September 4, 2018 8:34 pm | Published by | No comment

 

Sangatta – Guna mendorong desa menggunakan aplikasi sistem keuangan desa (SISKUEDES), Dinas Pemberdayaan Desa (Dispemdes) menggelar pelatihan Siskudes bagi bendahara dan operator desa, di ruang Akasia Gedung Serba Guna Bukit Pelangi, Selasa, 4 September.

Pelatihan yang diikuti puluhan desa dari delapan belas kecamatan tersebut, dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Kutai Timur, Kasmidi Bulang.

Menurut Koordinator Pengawasan Bidang Akuntabilitas Pemerintah Desa perwakilan Badan Pengawas Keuangan Dan Pembanguann (BPKP) Provinsi Kaltim, Sumalyo, Siskuedes membantu dalam rangka pengelolaan dana desa dan dana lainnya kedalam satu tata usaha berbasis computer, dengan versi terbaru yang dikembangkan dengan mengacu pada Peraturan Menteri Keuangan N0 225 Tahun 2017, laporan penyerapan dan pencapaian out put dapat dihasilkan melalui aplikasi siskudes.

Ia mendorong seluruh desa untuk menggunakan aplikasi siskuedes, jangan sampai manual. Nantinya database yang sudah dihasilkan seluruh desa, dikirim ke Dispemdes untuk dikompilasi sehingga Dispemdes dapat melaksanakan pelaporan secara cepat dan tidak manual. Dengan mudahnya pelaporan cepat secara berjenjang tersebut, akan berdampak pada tidak terhambatnya penyaluran dari rekening kas daerah.

Yang lebih penting dari itu, menurut Sumalyo bagimana membuat pertanggung jawaban penggunaan dana desa yang diterima secara akuntabel dan transparan, sehingga tidak ada permasalahan hukum. Pemanfaatan Siskuedes, juga akan dipantau Kemendagri dan BPKP pusat.

 

 

Print Friendly, PDF & Email

No comment for Dorong Desa Gunakan Siskuedes, Dispemdes Beri Pelatihan Bendahara dan Operator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.