Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » DPRD Kukar Belajar Ke Kutim, Tentang Pemekaran Kecamatan dan Desa

DPRD Kukar Belajar Ke Kutim, Tentang Pemekaran Kecamatan dan Desa

(1135 Views) Maret 3, 2017 12:18 pm | Published by | No comment

Sangatta – Keberhasilan Kutai Timur mendekatkan rentang kendali Pemerintahan, dengan adanya pemekaran, membuat beberapa Kabupaten belajar ke daerah ini, salah satunya DPRD Kukar yang merupakan sodara tua Kutai Timur. Status sebagai orang tua bagi Kutai Timur, tak menyurutkan niat sembilan Parlemen Kota Raja untuk belajar ke daerah pemekaran dari Kukar ini.

Menurut keterangan Jumarin Thripada, selaku ketua rombongan, dipilihnya Kutai Timur untuk menimba ilmu mengenai pemekaran. Lantaran Pemerintah Daerah meski berkali-kali melakukan pergantian kepemimpinan, selalu konsisten untuk melakukan pemekaran daerah, baik desa, Kecamatan hingga Kabupaten baru.

Dengan banyaknya daerah yang mekar, maka pelayanan publik ke masyarakat akan mudah, serta adanya pemerataan pembangunan dan yang terpenting, Pemerintah daerah legowo dalam menyikapi setiap pemekaran.

Beberapa hal yang dapat dibawa pulang ke Kukar diantaranya, mekanisme pemekaran di Kutim tidak terpengaruh adanya moratorium, serta cukup hanya dengan Peraturan Bupati sebagai salah satu landasan hukum.

Rombongan DPRD Kukar disambut hangat oleh Sekretaris Daerah Kutim, Irawansyah, yang menyebutkan bahwa sangat tepat kutim dijadikan pembelajaran bagi daerah lain. Hal ini terbukti dengan suksesnya pemekaran 6 desa beberapa waktu lalu, serta beberapa desa dalam progres. Begitu pula persiapan pemekaran Kecamatan dan Kabupaten Kutai Utara.

Irawansyah membuka pintu selebar-lebarnya jika ada Pemerintah Daerah lain di Kaltim maupun luar Kaltim, yang ingin belajar ke Kutim mengenai pemekaran.

Voice : Reporter Wak Hedir

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments