Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » DPRD Kutim Segera Anggarkan Rp15 miliar untuk Perhelatan Pilbup Kutim Desember Mendatang Mahyunadi : Rp3 miliar untuk dana persiapan

DPRD Kutim Segera Anggarkan Rp15 miliar untuk Perhelatan Pilbup Kutim Desember Mendatang Mahyunadi : Rp3 miliar untuk dana persiapan

(529 Views) Februari 23, 2015 9:28 am | Published by | No comment

Sangatta. Menghadapi gelaran Pilbup Kutim yang rencana akan digelar pada bulan Desember mendatang, tentunya membutuhkan banyak persiapan dikarenakan singkatnya waktu yanga ada. Mulai dari bakal calon (Balon) Pilbup yang harus segera susun strategi dalam mengalang kekuatan, hingga pihak penyelenggara dalam hal ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Kutim yang harus segera melakukan persiapan pemutakhiran data pemilih hingga penyusunan anggaran penyelenggaraan Pilbup nanti.
Menurut Ketua DPRD Kutim Mayunadi, untuk menghadapi Pilbup Kutim yang sangat mepet waktunya ini, pihaknya sebagai penentu anggaran segera akan menyiapkan anggaran persiapan Pilbup Kutim yang akan digunakan oleh KPUD Kutim. Untuk dana persiapan, pihaknya segera akan mengucurkan anggaran Rp 3 miliar yang dialokasikan melalui APBD Kutim murni tahun ini.
Lanjutnya, jika melihat pada usulan awal kebutuhan KPUD Kutim untuk penyelenggaran Pilbup Kutim, KPUD Kutim membutuhkan anggaran sebesar Rp50 miliar. Namun jika mengacu pada ketentuan sesuai Undang-undang penyelengaraan pemilu, dikatakan bahwa anggaran penyelenggaraan Pilkada bersumber dari APBD didukung dengan APBN, sehingga anggaran pusat yang akan masuk ke daerah untuk penyelengaraan Pilkada akan sedikit. Tetapi ada juga keterangan yang menyebutkan bahwa dana APBD hanya sebagai pendamping. Namun kesemuanya akan diserahkan pada kepastian ketentuan yang ada dalam hal bagi-bagi porsi pekerjaan antara Pusat dan Daerah. Sedangkan pihaknya akan menyiapkan alokasi anggaran Rp15 miliar untuk total biaya penyelengaraan Pilbup Kutim melalui APBD Kutai Timur 2015 murni maupun perubahan.
(voice)
Lebih jauh Mahyunadi mengatakan, pihaknya masih menunggu keabsahan wacana Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) yang mengijinkan Pemda memberikan dana talangan kepada KPUD jika memang anggaran Pilkada belum sempat teranggarkan di daerah. Jika wacana tersebut benar maka akan segera ditindak lanjuti agar KPUD Kutim dapat segera bekerja maksimal mempersiapkan Pilbup Kutim yang akan digelar akhir tahun ini.

Print Friendly, PDF & Email
Tags:
Categorised in:

Leave a Reply

avatar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
Notify of