Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » DPRD Kutim Segera Bentuk Pansus Miras Bahas Adendum Perda Miras Nomor 14 Tahun 2004

DPRD Kutim Segera Bentuk Pansus Miras Bahas Adendum Perda Miras Nomor 14 Tahun 2004

(451 Views) September 16, 2015 9:03 am | Published by | No comment

Sangatta. Ketua Badan Legislasi (Banleg) DPRD Kutim Mastur Djajal, mengatakan bahwa dengan masuknya Adendum Perda Minuman Keras (Miras) yang diajukan Pemkab Kutim sebagi perubahan Perda Nomor 14 Tahun 2004 tentang Peredaran Miras di Kutai Timur.

Menurut Mastur, DPRD melalui Baleg akan menindak lanjuti perubahan Perda Miras ini dengan segera membentuk Panitia Khusus (Pansus). Sementara dalam perubahannnya, selain akan mengatur ulang tata cara penjualan dan peredaran minuman beralkohol inisesuai Peraturan Menteri Perdagangan, juga akan melakukan perubahan dalam aturan sanksi hukum yang diberikan bagi yang tidak mentaati aturan main dalam penjualan dan peredaran miras, merujuk pada undang-undang hukum pidana (KUHP).

Lanjutnya, Pansus Miras ini nantinya akan segera memanggil instansi-instansi terkait untuk membahas aturan main yang baru, seperti Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Kutim serta Badan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Penanaman Modal Daerah (BPTSPPMD) Kutim.

(voice)

Untuk diketahui bahwa dalam peredaran Minuman Beralkohol, Kutai Timur sudah memiliki Perda nomor 14 tahun 2004 yang mengatur perizinan dan peredaran minuman beralkohol ini, namun karena saksi yang diterapkan dalam perda ini lebih tinggi dari apa yang tertera di KUHP, yakni dalam perda bagi yang melanggar aturan peredaran Miras mendapatkan sanksi maksimal 6 bulan kurungan sementara dalam KUHP tindak pidana ringan (Tipiring) hanya dikenakan sanksi maksimal 3 bulan kurungan, maka Perda ini sulit diterapkan akibat Posisi sanksi Perda yang lebih tinggi dari KUHP.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments