Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Dua Tersangka Sabu 14 Kg Dilimpahkan ke Kejari Sangatta

Dua Tersangka Sabu 14 Kg Dilimpahkan ke Kejari Sangatta

(957 Views) Oktober 7, 2016 8:03 pm | Published by | 2 Comments

img20160929132212

Sangatta. Kejaksaan Negeri (Kejari) Sangatta, Kamis (29/9) siang ini, menerima pelimpahan berkas tahap II atas kasus pengungkapan narkotika jenis sabu seberat 14 kilogram, dengan tersangka Galeh Widigdo als Eddo dan Suwardi beserta sisa barang bukti narkoba jenis sabu yang belum dimusnahkan seberat 25 gram, uang tunai Rp 900.000, 1 unit Mobil Innova Hitam dan 1 buah jerigen plastik tempat penyimpanan sabu.

Sebelumnya, kedua tersangka ini, Sabtu (2/7) lalu, didapati polisi dalam sebuah razia cipta kondisi (Cipkon) di Simpang 3 Perdau, Jalan Poros Sangatta – Bengalon, Kecamatan Bengalon, membawa narkotika jenis sabu sebanyak 14 ball dengan berat total 14 kilogram yang disimpan di dalam sebuah jerigen air plastik berukuran 30 liter yang di tempatkan di kursi belakang sebuah mobil kijang innova hitam. Rencanaya, narkotika sabu yang kemudian diketahui berasal dari Malaysia tersebut hendak diantar ke seseorang pemesan di Kota Samarinda.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Sangatta, Tety Syam didampingi Kepala Seksi Pidana Umum, Amanda mengatakan bahwa dengan dilimpahkannya kedua tersangka ini, maka langkah selanjutnya yang akan dilakukan kejaksaan akan menyiapkan berkas dengan masa waktu 20 hari sesuai dengan aturan, dan kemudian dilanjutkan dengan pengajuan ke pengadilan.

Lanjut Amanda, kepada kedua tersangka yakni Galeh Widigdo als Eddo dan Suwardi, kuat kemungkinan akan dituntut sesuai Undang-undang 35 tahun 2009 tentang Narkotika pasal 112 dan 114. Namun bagi kedua tersangka lebih berat penuntutan dengan menggunakan pasal 114 ayat 2 jo pasal 132, dengan ancaman hukuman minimal 6 tahun penjara dan maksimal sampai hukuman mati.

(Voice : Kejaksaan Amanda – Tahap II Sabu 14 Kg)

Sementara itu, Pejabat Sementara (PS) Kasat Narkoba Polres Kutim, Iptu Abdul Rauf yang didampingi Ps. Kanit Lidik I Aipda Made Adi, menuturkan dengan proses tahap II atau pelimpahan tersangka beserta barang bukti ke pihak Kejari Sangatta, ini menyatakan bahwa proses pemberkasan yang dilakukan penyidik polri sudah lengkap.

Diakui memang selama berada di tangan penyidik narkoba polres Kutim, membutuhkan waktu yang agak lama atau sekitar 90 hari penyidikan. Hal ini karena pihak Kejari Sangatta meminta kepada penyidik polri untuk melengkapi berkas pemeriksaan termasuk mendalami beberapa terduga tersangka lainnya, sesuai keterangan kedua tersangka ini pada pesan singkat (SMS) dan sambungan telepon, hingga melakukan pengecekan rekening kedua tersangka. Namun pihak penyidik kepolisian menemui jalan buntu karena memang diketahui bahwa peredaran narkotika merupakan sebuah mata rantai yang putus. Sehingga antara satu pemain narkoba dengan pemain lainnya tidak saling mengenal dan sulit dilacak. Terkecuali tertangkap tangan sedang bertransaksi.

(Voice : Polres Made – Tahap II Sabu 14 Kg)

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

2 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments