Menu Click to open Menus
Home » Pemerintahan » Dukung Kegiatan Kalfor, Wabub Akan Turun Langsung Sidak Perkebunan Sawit.

Dukung Kegiatan Kalfor, Wabub Akan Turun Langsung Sidak Perkebunan Sawit.

(67 Views) Mei 16, 2019 12:34 pm | Published by | No comment

Sangatta – Setelah mendengar pemaparan langsung dari tim Kerja Kalimantan Forest (Kalfor) yang berasal Universitas Mulawarman (Unmul), dalam presentasi hasil study lapangan untuk baseline proyek Kalfor di Kutim yang dilakukan diruang Rapat Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), selasa 14 Mei, Wakil Bupati Kutai Timur menyarankan agar kedepan baik pemkab dan tim Kalfor untuk bersama-sama melakukan Sidak lapangan terhadap perkebunan kelapa sawit.

Dalam pemaparannya Wakil Bupati Kutai Timur Kasmidi Bulang, menyayangkan pelaku usaha perkebunan kelapa sawit yang tidak memenuhi kewajibannya terhadap lingkungan, salah satunya dengan melakukan penghijauan dan tidak melakukan operasi perkebunan diarea yang terindikasi memiliki keragaman hayati dan keberlangsungan ekosistem. Kasmidi menjelaskan dengan tumbuhnya usaha perkebunan kelapa sawit maka konsekwensi logis yang harus diterima adalah terjadinya kerusakan hutan, untuk itu, dirinya menegaskan bersama dengan Dinas terkait terkhusus dinas Perkebunan akan melakukan sidak lapangan ke beberapa perkebunan kelapa sawit yang terbukti berdasarkan data tidak melakukan kewajibannya.

Selanjutnya Dengan senergi dan dibawah monitoring dan evaluasi Kalfor dan Ditjen PKTL, Tim Universitas Mulawraman bekerja menyusun baseline dalam rangka mendukung pencapaian empat kemponen proyek, yakni, komponen 1 yaitu mengembangkan kebijakan dan pengaturan tingkat nasional dan provinsi untuk pengelolaan hutan di luar kawasan hutan termasuk areal perkebunan. Komponen 2, mengembangkan kebijakan dan rencana untuk memperkuat manfaat hutan HCV diareal yang luas tidak kurang 200.00 Ha. Komponen 3, mengembangkan mekanisme insentif yang inovatif dan komponen 4 yakni, meningkatan pengetahuan dan pemahaman untuk menurunkan deforestasi dan strategi pembangunan hijau bagi sector perkebunan di Indonesia.

Voice Erwin F Syuhada

 

Print Friendly, PDF & Email
This post was written by erwin syuhada
About

Ketidaktahuan tidak akan menolong siapa pun.

Categorised in:

No comment for Dukung Kegiatan Kalfor, Wabub Akan Turun Langsung Sidak Perkebunan Sawit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.