Menu Click to open Menus
Home » Pemerintahan » Dukung Program Smart Regency, Bappeda Gelar Pelatihan E-SPJ Selama 2 Hari

Dukung Program Smart Regency, Bappeda Gelar Pelatihan E-SPJ Selama 2 Hari

(347 Views) Juli 3, 2018 4:54 pm | Published by | 1 Comment

Sangatta – Mendukung program Smart Regency di Kabupaten Kutai Timur, Badan Perencaan Pembagunan Daerah (Bappeda), melaksanakan pelatihan Smart Surat Pertanggung Jawaban (E-SPJ) selama dua hari, dari Senin, 2 Juli hingga 3 Juli di ruang rapat kantor Bappeda Kutai Timur.

Pelatihan tersebut diikut kurang lebih lima puluh peserta, yang terdiri dari Pejabat Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK), seluruh Bendahara Barang, Bendahara Pembantu, Bendahara Bidang, dan staf pengelola keuangan di lingkungan Bappeda.

Kepala Sub Bagian (Kasubag) Keuangan, Jainuddin yang ditemui di kegiatan tersebut menyampaikan, e-SPJ dimaksudkan untuk mendukung program Bupati Kutai Timur menuju Smart Regency, selain itu, aplikasi tersebut juga dapat memudahkan pengelolaan keuangan menggunakan sistem manual yang miliki kekurangan, seperti menggunakan waktu tertentu dalam pencatatan dan terkadang salah dalam redaksional sehingga kurang efektif.

Jainuddin menambahkan, Smart SPJ meliputi penggelolaan keuangan berbasis elektronik yang mengantikan sistem manual sehingga lebih cepat akurat, efektif, efisien dan akuntabel.

Di aplikasi ini pejabat berwenang juga dapat memantau hasil pengelolaan keuangan secara mobile, lewat smarphone android. Di dalamnya terdapat juga menu Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD) terintegrasi, kemudian elektronik dokumen, hingga menu teleconference.

Meski baru diterapkan di Bappeda, namun harapannya aplikasi e-SPJ menjadi pilotproject, guna diterapkan di Organsiasi Perangkat Daerah (OPD) lain. Mengingat di e-spj terdapat menu tambah yang dapat memudahkan pengelolaan SPJ menjadi lebih akurat, serta pengecekannya yang mobile.

Aplikasi tersebut digarap atas kerjasama dengan Fakultas ilmu komputer dan teknologi infrormasi Universitas Mulawarman, Samarinda.

Voice: Khusnul Khotimah

 

Print Friendly, PDF & Email

1 Komentar for Dukung Program Smart Regency, Bappeda Gelar Pelatihan E-SPJ Selama 2 Hari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.