Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » E-KTP, SEBAGAI PROYEKSI IDENTITAS TUNGGAL

E-KTP, SEBAGAI PROYEKSI IDENTITAS TUNGGAL

(2846 Views) September 15, 2016 8:48 am | Published by | No comment

E-KTP atu KTP Elektronik adalah dokumen kependudukan yang memuat sistem keamanan / pengendalian baik dari sisi administrasi ataupun teknologi informasi dengan berbasis pada database Kependudukan Nasional. Penduduk hanya diperbolehkan memiliki 1 (Satu) KTP yang tercantum Nomor Induk Kependudukan (NIK). NIK merupakan identitas tunggal setiap penduduk dan berlaku seumur hidup. Nomor Induk Kependudukan yang ada di E-KTP nantinya akan dijadikan dasar dalam penerbitan Paspor, Surat Izin Mengemudi, Nomor Pokok Wajib Pajak, Polis Asuransi, Sertifikat Atas Hak Tanah dan penerbitan dokumen identitas lainnya (Pasal 13 UU No. 23 Tahun 2006 tentang Adminduk)

Disdukcapil Kab. Kutai Timur saat melakukan Talk Show bersama Radio Pemerintah Daerah Kutai Timur pada hari Rabu (14/09/2016) kemarin, dijelaskan oleh Kepala Seksi Bidang Pencatatan Sipil, Gaton mengatakan bahwa hal tersebut dilakukan untuk menjaga tunggalnya Identitas Jati Diri Seseorang. Dalam hal ini Kementrian Dalam Negeri menggandeng 92 Instansi untuk dapat mendukung program tersebut.

(Voice – Kasi. Bidang Pencatatan Sipil, Gaton)

Manfaat E-KTP diharapkan yang dapat dirasakan oleh masyarakat ialah untuk mendapatkan Identitas Jati Diri Tunggal.

Kementrian Dalam Negeri dalam hal ini akan menonaktifkan data Kependudukan warga yang belum melakukan perekaman E-KTP. Kementrian memastikan mereka yang data kependudukannya dinonaktifkan akan mengalami banyak masalah kedepannya. Maslah yang dimaksud adalah, mereka tidak akan mendapatkan pelayanan publik yang menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) sebagai basis data.

Dikutip dari media Suarasurabaya.net – Tjahjo Kumolo Mentri Dalam Negeri memberikan kelonggaran batas waktu perekaman data Kartu Tanda Kependudukan Elektronik (E-KTP) sampai pertengahan 2017 mendatang, yang sebelumnya dijadwalkan akan berakhir pada tanggal 30 September ini.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments