Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Ex Kantor DPRD Kutim Luluh Lantak Dilahap Si Jago Merah    

Ex Kantor DPRD Kutim Luluh Lantak Dilahap Si Jago Merah    

(587 Views) April 18, 2015 9:16 am | Published by | No comment

Sangatta. Salah satu bangunan saksi sejarah perkembangan Kabupaten Kutai Timur yakni bangunan bekas kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kutai Timur yang terletak di Jalan Soekarno-Hatta, pagi tadi rata dengan tanah setelah dilahap api. Api yang yang diketahui pukul 07.00 Wita sudah berkobar dari bagian atas bangunan, dengan cepat melahap seluruh bangunan tua tersebut yang memang seluruhnya terbuat dari kayu dan sudah berumur 15 tahun ini. Hingga saat ini, Polres Kutim masih melakukan olah TKP kejadian kebakaran, namun dari keterangan sementara yang berhasil dihimpun, perkiraan asal api akibat sambungan arus pendek atau konsleting listrik yang berasal dari bagian atas bangunan tua tersebut.

Sementara itu, Kepala UPT Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman Sangatta, Basuki Isnawan, yang saat ini bertanggung jawab dalam pemanfaatan bangunan bekas kantor DPRD Kutim ini sebagai gudang UPT KPP dan Mess beberapa tenaga kebersihan, mengatakan bahwa dirinya baru mendapat laporan kejadian kebakaran via telepon pada pukul 07.15 Wita. Dirinya sendiri sedang berada dilapangan melakukan pengawasan aktifitas kebersihan yang dilakukan jajarannya.

Dengan mata berkaca-kaca, dirinya menjelaskan, musibah kebakaran ini menghanguskan dua buah truk kendaraan operasional KPP dan dan 3 buah motor dinas, serta 7 mobil rusak ringan akibat hawa panas api. Selain itu kebakaran juga menghanguskan 8 unit motor petugas kebersihan yang ditinggal saat bertugas dilapangan, 500 buah tong sampah plastik yang rencananya akan dipasang usai penyelesaian perbaikan drainase sepanjang jalur utama Yos Sudarso, Sangatta, 150 buah tong sampah besi, serta beberapa alat dan mesin penunjang aktivitas pekerjaan. Selain itu, musibah ini juga menghanguskan hata benda 15 kepala keluarga (KK) petugas kebersihan, yang memang memanfaatkan sebagian ruangan dalam bangunan ini sebagai tempat tinggal.

Lebih jauh Basuki mengatakan, pihaknya akan tetap melaksanakan tugas kebersihan seperti biasanya dengan kendaraan operasional seadanya. Bagi truk sampah yang rusak ringan, akan segera diperbaiki agar pelayanan kebersihan kepada masyarakat tidak terganggu. sementara bagi 15 KK petugas lapangan yang kehilangan tempat tinggal, dirinya berjanji akan segera mencarikan tempat tinggal sementara yang layak.

(voice)

Sebagaimana diketahui, bangunan bekas kantor DPRD Kutim ini sempat digunakanoleh anggota DPRD Kutim mulai tahun 2001 hingga 2003. Setelah ditinggalkan pada tahun 2003 ke kantor DPRD yang baru di area perkantoran bukit pelangi, bangunan ini kemudian beralih fungsi sebagai kampus Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIPER) Sangatta, dan terakhir menjadi gudang logistik dan kantor UPT KPP Sangatta, hungga akhirnya terbakar pagi tadi.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments