Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Fokus Bangun SMP dan SD, Disdik Kutim Tetap Tak Lupakan SMA    

Fokus Bangun SMP dan SD, Disdik Kutim Tetap Tak Lupakan SMA    

(743 Views) Agustus 13, 2015 12:50 pm | Published by | 1 Comment

Sangatta. Dinas Pendidikan Kutai Timur tahun tengah fokus untuk menggarap peningkatan kualitas pendidikan untuk level sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah dasar (SD). Hal ini merupakan imbas dari rencana pengambil alihan sekolah menengah atas (SMA) dan sederajatnya oleh Pemerintah Provinsi Kaltim sesuai amanat Undang-undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Menurut Kepala Dinas Pendidkan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kutai Timur Iman Hidayat, berbeda dari tahun-tahun anggaran sebelumnya dimana Disdik lebih mengutamakan peningkatan kualitas pendidikan dari level teratas yakni SMA dan SMK, kini pihaknya lebih terfokus untuk melakukan peningkatan kualitas bagi SMP dan SD.

Dijelaskan, saat ini ada 78 SMP, 200 SD dan 44 SMA/SMK di Kutai Timur. Mulai awal tahun ini pembangunan untuk SMP sudah mulai dilaksanakan dan akan segera menyusul pembangunan bagi SD. Hal ini dilakukan demi peningkatan mutu dan akreditasi bagi SD dan SMP. Sementara untuk masalah anggaran pembangunan, pastinya ada peningkatan anggaran yang disediakan. Walaupun secara total kurang lebih sama dengan tahun lalu namun secara persentase adanya peningkatan porsi bagi SMP dan SD. Dari anggaran Rp179 miliar, alokasi untuk SD dan SMP mendapat porsi Rp130 miliar sementara untuk SMA mendapatkan RP 46 miliar. Walaupun tidak secara langsung melepaskan tanggung jawab terhadap peningkatan kualitas pendidikan bagi SMA dan SMK, namun dipastikan pada anggaran tahun depan porsi anggaran bagi SMA dan SMK akan diperkecil lagi.

(voice)

Lebih jauh Iman mengatakan, pihaknya tidak serta merta langsung melepas tanggung jawab terhadap SMA dan SMK. Terlebih hingga tahun 2017 nanti, Pemprov Kaltim sendiri mengaku masih belum mampu mengambil alih SMA dan SMK sesuai amanat Undang-undang 23 tersebut. Karena jika Pemprov ingin mengambil alih SMA dan SMK, untuk Kutim sendiri mereka harus menyiapkan alokasi belanja anggaran pendidikan bagi SMA dan SMK sebesar Rp177 miliar, belum lagi dengan kabupaten dan Kota lainnya di Kaltim. Sehingga dipastikan tahun depan Disdik Kutim masih akan menganggarkan untuk biaya operasional dan pembangunan SMA dan SMK di Kutai Timur.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

1 Comment
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments