Menu Click to open Menus
Home » Infrastruktur » Fokus Penuhi Kebutuhan Dasar, Pemerintah Buat Kesepakatan Dengan Perusahaan Terkait Program CSR

Fokus Penuhi Kebutuhan Dasar, Pemerintah Buat Kesepakatan Dengan Perusahaan Terkait Program CSR

(64 Views) Desember 26, 2018 10:29 pm | Published by | No comment

Sangatta – Fokus pada kebutuhan dasar, Listrik dan air bersih, Bupati Kutai Timur, Ismunandar menginstruksikan seluruh perusahaan yang ada di Kutai Timur, untuk turut andil dalam pemenuhan dengan menggunakan program CSR, demikian yang disampaikan saat membuka Rapat Koordinasi Forum Multi Stakeholder CSR Bersinergi Dengan Pemerintah, di Ruang Meranti, Kantor Bupati Kutai Timur, Rabu, 26 Desember

Sebelumnya, program CSR yang menjadi kewajiban setiap perusahaan, beberapa diantaranya dikelola oleh perusahaan sendiri, dengan membuat program ke masyarakat sekitarnya, namun hal tersebut dirasa kurang menyasar pada kebutuhan dasar masyarakat. Untuk itu, menurut Ismu kedepannya program CSR akan dikelola bersama, dengan melihat kebutuhan dasar yang harus dipenuhi terlebih dahulu.

Contohnya saja menurut Ismu di Desa Kolek, Sangkulirang, meski sudah ada Pamsimas, namun kebutuhan air bersih untuk keseluruhan masyarakat belum terpenuhi, karena keterbatasan pembangunan jaringan oleh pemerintah, untuk itu perusahaan yang ada di sekitar daerah tersebut diminta ikut andil. Misalnya ada dua perusahaan yang berdomisili di desa yang sama, maka bisa dengan sistem patungan untuk membangun jaringan. Nantinya akan ada kesepakatan yang dibuat Pemerintah dengan perusahaan.

Selain kepada perusahaan, Ismu juga mengistruksikan seluruh camat yang hadir pada kegiatan tersebut, untuk memonitor daerahnya, pemukiman mana saja yang belum teraliri air bersih. Jika nantinya ada desa yang tertingal tidak  mendapat program pemenuhan air bersih, maka camat yang harus dipertanyakan.

Seperti diketahui dari seratus empat puluh satu desa di Kutia Timur, masih menyisakan enam puluh tiga desa diantaranya yang belum terjangkau air bersih. Sementara targetnya tahun 2019 mendatang, seluruh desa sudah teraliri air bersih, dengan estimasi akan terpasang jaringan di keseluruhan desa pada akhir 2020, sehingga seluruh masyarakat di Kutai Timur bisa mendapat pelayanan air bersih secara keseluruhan.

Sedangkan untuk program lainnya, seperti pembangunan sumber daya manusia, kesehatan dan lain-lainnya akan tetap berjalan, namun penekanannya harus mengutamakan kebutuhan dasar terlebih dahulu.

Voice : Khusnul Khotimah

Print Friendly, PDF & Email
Categorised in: ,

No comment for Fokus Penuhi Kebutuhan Dasar, Pemerintah Buat Kesepakatan Dengan Perusahaan Terkait Program CSR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.