Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Forum DAS, Diharapkan Dapat Melahirkan Rencana Program, Yang Bersinergi Dengan Program Pemerintah Daerah

Forum DAS, Diharapkan Dapat Melahirkan Rencana Program, Yang Bersinergi Dengan Program Pemerintah Daerah

(561 Views) April 12, 2017 5:38 pm | Published by | 5 Comments

Wakil Bupati Kutim, Kasmidi Bulang, Foto bersama Pengurs DAS Kabupaten Kutai Timur, Di Ruang Meranti Kantor Bupati, Bukit Pelangi. (RPDKUTIM/Wak Hedir)

Sangatta – Bupati Kutai Timur, Ismunandar dalam sambutan yang dibacakan Wakil Bupati Kutim, Kasmidi Bulang mengatakan Daerah Aliran Sungai (DAS) berfungsi menampung dan menyimpan, dan mengalirkan air yang berasal dari air hujan ke danau atau laut secara alami. Keberadaan DAS cukup penting, bagi kehidupan manusia, karena selain sumber kehidupan, kebutuhan air bersih, DAS juga merupakan penyangga, kehidupan bagi mahluk lainnya.

Kabupaten Kutai Timur, saat ini memiliki empat  Daerah Aliran Sungai (DAS), DAS Sangatta Utara, menjadi prioritas pertama, DAS Bengalon prioritas kedua yang harus dipulihkan, sementara DAS Karangan dan Manubar yang harus dipertahankan.

Di indonesia belum ada satu pun, Instansi atau Lembaga khusus yang menangani pengelolaan DAS, dari hulu kehilir, yang mencakup perencanaannya, pengorganisasian, pembiayaan pelaksanaan dan pengendalian. Sebagai dampaknya muncul isu pengeloaan DAS, yang dihadapi pada umumnya adalah mengenai masalah pendayagunaan sumber daya  alam, yang sulit dipulihkan seperti hutan, lahan, tanah dan air.

Semoga dengan kepengurusan yang baru ini, mampu membawa perubahan terutama dapat memberikan saran, kepada Pemerintah Daerah terkait dengan pembangunan yang melibatkan DAS.

Pemkab Kutim, berharap kepengurusan Forum DAS yang baru ini, dapat melahirkan rencana program, yang diselaraskan dengan program Pemerintah Daerah. Selain itu, Forum DAS terpadu, meliputi karakteristik, biografi, fisik, sosial budaya dan ekonomi.

Insert : Wakil Bupati

Bila memungkinkan Forum DAS, dapat melakukan kajian, untuk menyusun program yang dapat disandingkan dengan program ekowisata, berupa wisata di Sungai-Sungai. Dimana wisata ini, disamping memberikan edukasi, terhadap fungsi DAS disertai dengan tujuan untuk pelestarian DAS.

Kita harus membuka wawasan, giat dan belajar dari pengalaman dari Kabupaten lain, serta melakukan inoasi-inovasi kreatif, sehingga upaya-upaya tersebut, mampu mendongkrak iklim pariwisata, dan investasi di Kabupaten Kutai Timur. Yang pada akhirnya, mampu meningkatkan perekonomian, dan kesejateraan bagi masyarakat Kutai Timur.

Atas nama Pemkab Kutim, Bupati Kutim memberikan dukungan atas program keberlangsungan pengelolaan Forum DAS, terutama di Kabupaten Kutai Timur. Selain itu, dirinya juga mengharapkan dukungan dari Badan Pengelolaan DAS HL Mahakam Berau, dan Forum DAS Kaltim, serta pihak-pihak yang berkepentingan terhadap DAS baik dari kalangan dunia pengusaha maupun masyarakat yang tergabung dalam lembaga swadaya masyarakat.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

5 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments