Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Gandeng BPN, Disnakertrans Kutim Verifikasi 1.678 Sertifikat Warga Transmigrasi

Gandeng BPN, Disnakertrans Kutim Verifikasi 1.678 Sertifikat Warga Transmigrasi

(480 Views) Juli 27, 2016 10:23 am | Published by | No comment

Sangatta. Lebih dari seribu sertifikat warga transmigrasi yang kini bermukim di tiga kecamatan di Kutai Timur, yakni di Kecamatan Muara Wahau, Kongbeng dan Batu Ampar, rencananya akan terkena verifikasi oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kutim, terkait kepemilikan sertifikat tanah mereka. Dalam verifikasi nantinya, Disnakertrans Kutim menggandeng Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kaltim dan BPN Kutai Timur yang bertindak sebagai kordinator verifikasi di lapangan.

Dikatakan Kepala Disnakertrans Kutim Abdullah Fauzie, verifikasi ini untuk mencocokkan kembali data tentang kepemilikan sertifikasi atas lahan transmigrasi yang diberikan pemerintah. Apakah pemiliknya masih sama atau telah meninggal dunia dan diserahkan kepada ahli warisnya, atau lahan tersebut telah diperjual belikan. Hingga kini terdata ada 1.678 sertifikat lahan transmigrasi di Kutim yang belum diserahkan kepada pemilik lahan. Nantinya akan didata kembali apakah ada yang tercecer atau tidak.

Lanjut Fauzie, pencetakan dan penyerahan sertifikat ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab BPN. Sementara alasan mengapa hingga kini ada warga trans yang belum mendapatkan sertifikat, dirinya mengaku tidak mengetahui alasannya. Hal ini karena ribuan sertifikat lahan ini merupakan warga transmigrasi yang masuk ke Kutim sebelum dilakukannya pemekaran Kutai Timur dari Kabupaten Kutai. Namun sepengetahuannya, sebagian warga sudah ada yang menerima sertifikat lahan transmigrasi tersebut. Sehingga jika saat ini ada lagi warga yang mengadu belum menerima sertifikat lahan transmigrasi mereka, maka perlu dipertanyakan kemana sisa sebelumnya.

Sehingga dengan adanya permintaan masyarakat ini, Bupati Kutim menyurat kepada BPN untuk bisa menyelesaikan kekurangan sertifikat warga trasmigrasi tersebut.

(Voice : Disnakertrans Fauzie – Kekurangan Sertifikat Transmigrasi)

Lebih jauh Fauzie mengatakan verifikasi akan mulai dilakukan pada minggu pertama bulan agustus nanti. Tim Disnakertrans beserta BPN Kutim dan Provinsi Kaltim akan menyebar di kecamatan Muara Wahau, Kongbeng serta Batu Ampar, dan melakukan pendataan secara lengkap warga transmigrasi yang telah bermukim di daerah tersebut.

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments