Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Gelar Adat Beluluh, Bupati Berharap Tahun Depan Pemkab Kutim Semakin Lebih Baik

Gelar Adat Beluluh, Bupati Berharap Tahun Depan Pemkab Kutim Semakin Lebih Baik

(90 Views) Desember 30, 2019 8:07 pm | Published by | No comment

SANGATTA- Mengakhiri tahun 2019 Bupati Kutai Timur Ismunandar beserta isteri Hj Encek UR Firgasih, menggelar acara adat beluluh, di pendopo rumah jabatan bupati, Senin (30/12/19). Upacara ritual beluluh merupakan adat khas masyarakat Kutai berasal dari Kesultanan Kutai Kartanegara.

Bupati Ismunandar menjelaskan, Upacara ritual beluluh tersebut dilakukan sebagai bagian dari upacara penyucian diri membersihkan hal- hal dianggap kurang baik yang dilakukan sepanjang tahun ini, khususnya dalam menjalankan tugas sebagai  pemerintah daerah Kutai Timur. selain itu, Beluluh juga diharapkan menambah semangat baru bagi pimpinan Daerah Kutim untuk dapat bekerja lebih baik lagi pada tahun yang akan datang serta mampu membangun kebersamaan dalam membangun Kutai Timur.

Ditambahkan Ismu, ritual ini merupakan kegiatan tahunan yang harus diteruskan kepala daerah, dimana Kutai Timur merupakan bagian dari Kesultanan Kutai Kartanegara. Ia berpesan bahwa sejarah tidak bisa dilupakan tetapi harus dilestarikan.

Dalam ritual beluluh, Bupati dan isteri didampingi H. Sultan Muhammad Arifin Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura beserta kerabat kesultanan, Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang, Kepala OPD, dan forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) Kutim. semuanya kompak menggunakan pakaian khas Kutai.

Beluluh Bupati Kutai Timur Ir.H.Ismunandar,MT Gelar Pangeran Sura Praja dan Ketua DPRD Kutai Timur Hj.Encek UR Firgasih,SH.M.AP Gelar Raden Ratna Putri.

 

 

 

 

Print Friendly, PDF & Email
Categorised in:

Leave a Reply

avatar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
Notify of