Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Gelar Operasi Antik, Sat Narkoba Polres Kutim Amankan Pelajar SLTA Jadi Kurir Sabu

Gelar Operasi Antik, Sat Narkoba Polres Kutim Amankan Pelajar SLTA Jadi Kurir Sabu

(492 Views) Februari 10, 2016 9:25 am | Published by | No comment

Sangatta. Dari hasil sementara operasi Anti Narkotika (Antik) yang dilaksanakan jajaran Polres Kutim sejak tanggal 4 – 15 Pebruari 2016, hingga kini Satuan Narkoba Polres Kutim dibantu Polsek-polsek, berhasil mengungkap 6 kasus narkotika jenis sabu dan obat-obatan berbahaya jenis Doubel L (LL).

Kapolres Kutai Timur AKBP Anang Triwidiandoko didampingi Kasat Narkoba AKP Dhadhag Anindito, mengatakan keberhasilan pengungkapan 6 kasus ini merupakan hasil kerja semua unit yang ada di Polres Kutim dibantu semua jajaran Polsek-polsek di Kecamatan. 2 kasus berhasil diungkap di Kecamatan Sangatta Utara, 2 kasus di Kecamatan Bengalon, 1 kasus di Kecamatan Sangkulirang, dan 1 kasus di Kecamatan Muara Bengkal.

Lanjut Dhadhag, dari keenam pengungkapan kasus tersebut, Polres Kutim berhasil membekuk 8 orang tersangka yakni AG, KAS, AR, WA, SUR, NUR, RA dan SY. Salah satu tersangka yakni RA (17) merupakan pelajar kelas 12 di salah satu SLTA di Kecamatan Bengalon. Kepada pelaku anak ini, karena karena ancaman hukumannya lebih dari 7 tahun maka akan tetap dilakukan proses hukum, namun dengan ancaman hukuman setengah dari ancaman hukuman bagi tersangka dewasa. Selain itu, berhasil diamankan barang bukti berupa narkotika jenis sabu seberat 3,66 gram, pil LL sebanyak 1.730 butir, uang sebanyak Rp 450.000,-, 3 unit kendaraan roda dua (R2), lima unit Handphone, timbangan digital dan puluhan bungkus plastik klip.

Bagi tersangka Narkotika, akan dijerat pasal 114 ayat (1) dan 112 ayat (1) Undang-undang narkotika nomor 35 tahun 2009 dengan ancaman hukuman minimal 7 tahun. Sementara bagi tersangka pengedar LL, diancam undang-undang RI 36 tahun 2009 tentang kesehatan pasal 197 atau 196 dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun penjara.

(voice Dhadhag)

Lebih jauh dikatakan, operasi Antik ini masih akan terus bergulir hingga lima hari ke depan. Dirinya berharap, jajaran Sat Narkoba Polres Kutim dapat terus mengungkap peredaran gelap dan penyalahgunaan Narkotika dan obat-obatan berbahaya di Kutai Timur.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments