Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Gelar Pekan Panutan Pajak, Dispenda Harap Ada Peningkatan PBB Sektor P-2

Gelar Pekan Panutan Pajak, Dispenda Harap Ada Peningkatan PBB Sektor P-2

(553 Views) Agustus 21, 2015 8:48 am | Published by | No comment

Sangatta. Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kutai Timur kembali menggelar pekan panutan pajak untuk tahun 2015. Tak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya, gelaran pekan panutan pajak tahun ini dilakukan untuk mengenalkan dan merangsang masyarakat untuk mau membayarkan pajaknya terutama pajak bumi dan bangunan (PBB) sektor Pedesaan dan Perkotaan (P2). Demikian disampaikan Kepala Dispenda Kutim Hj Yulianti didampingi Kabid Pajak dan Retribusi Daerah, Musyaffa.

Dijelaskan, pekan panutan ini melibatkan tokoh masyarakat dan para pejabat yang menjadi contoh bagi masyarakat Kutai Timur untuk mau membayarkan PBBnya. Terlebih masa jatuh tempo PBB tahun ini tak lama lagi, yakni 30 September mendatang.

Selain menggugah masyarakat, pada kegiatan ini juga dilakukan pemutakhiran data wajib pajak Kutim dan khususnya masyarakat kota Sangatta. Kegiatan pemutakhiran data wajib pajak ini memang dikhususkan bagi masyarakat Sangatta karena selain berada di Ibu Kota Kabupaten Kutai Timur, juga demi penghematan biaya jika pemutakhiran dilakukan di Kecamatan yang jauh terpencil. Namu kedepan kegiatan pemutakhiran data wajib pajak ini akan dilaksanakan menyeluruh di Kutai Timur.

Lebih jauh ditambahkan Musyaffa, pada tahun 2015 ini Dispenda Kutim hanya menargetkan penerimaan daerah dari PBB sektor P2 sebesar Rp1,5 Miliar. Dari target yang ada hingga akhir Juli baru terealisasi sebesar Rp906,250 atau 60,42 persen. Namun diyakini hingga akhir tahun ini target tersebut dapat terlampaui. Sementara Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), yang ditargetkan sebesar Rp15,5 Miliar kini telah melampaui target hampir mencapai Rp16 Miliar. Nilai ini pun diprediksi akan terus meningkat hingga akhir tahun ini.

(voice)

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments