Menu Click to open Menus
Home » Acara » Gelar Pembekalan Tentang Pemberitaan Anak Di Bawah Umur, PWI Kutim Ingin Adanya Pemberitaan Yang Ramah Anak.

Gelar Pembekalan Tentang Pemberitaan Anak Di Bawah Umur, PWI Kutim Ingin Adanya Pemberitaan Yang Ramah Anak.

(51 Views) Juli 30, 2019 4:15 pm | Published by | No comment

Sangatta-  Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kutai Timur (Kutim) menggelar sosialisasi terkait pemberitaan anak di bawah umur yang terjerat kasus hukum kepada seluruh anggota PWI guna meminimalisir adanya unsur pemberitaan yang tidak ramah anak. yang nantinya dapat menjerat para wartawan keranah hukum sesuai dengan aturan perundangan undangan yang berlaku.

Ditemui RPD Kutim sesuai melaksanakan kegiatan sosialisasi yang bertempat di ruang rapat Kantor Kesbangpol Kutai Timur, Selasa 30 Juli,  Ketua PWI Kutai Timur Joni Sapan Palelleng menyampaikan bahwa kegiatan tersebut selain bertujuan untuk mensosialisasikan sejumlah aturan yang terkait dengan pemberitaan anak di bawah umur, kegiatan tersebut juga diharapkan dapat melindungi para wartawan yang tergabung dalam PWI agar nantinya tidak terjerumus pada kesalahan yang dapat berujung pada ancaman pidana.

Hadir sebagai narasumber Syafranuddin Sekretaris PWI Kutim sekaligus sebagai Tenaga Ahli Pers PWI Kalimantan Timur (Kaltim), menyampaikan bahwa menjadi suatu keharusan bagi wartawan untuk mengetahui pedoman pemberitaan ramah anak tersebut. sehingga pemberitaan tentang anak dibawah umur dapat menjadi pemberitaan yang ramah anak dan tidak merugikan pihak manapun, dirinya menambahkan bahwa nantinya setiap wartawan dapat turut serta  melindungi anak dari pemberitaan yang bisa berdampak buruk bagi pelaku maupun korban dimasa yang akan datang.

mendukung hal tersebut dirinya menegaskan agar nantinya setiap wartawan tidak lagi menuliskan secara detail identitas anak, orang tua, alamat tempat tinggal dan alamat sekolah, kemudian menuliskan cara perbuatan yang dilakukan anak, baik pelaku ataupun korban, serta memuat gambar anak yang terlibat meski diblurkan. hal tersebut juga dilakukan guna melindungi wartawan dari jerat hukum berupa ancaman lima tahun penjara dan denda 500 juta rupiah sebagaimana diatur dalam UU Perlindungan Anak.

Voice Erwin F Syuhada:

 

Print Friendly, PDF & Email
This post was written by erwin syuhada
About

Ketidaktahuan tidak akan menolong siapa pun.

Categorised in:

No comment for Gelar Pembekalan Tentang Pemberitaan Anak Di Bawah Umur, PWI Kutim Ingin Adanya Pemberitaan Yang Ramah Anak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.